Ketua PP Muhammadiyah Hadiri Pelatihan Kader AIK Muhammadiyah Bengkulu

Ketua PP Muhammadiyah Hadiri Pelatihan Kader AIK Muhammadiyah Bengkulu

BERBAGI:

Sekaligus Peletakan Batu Pertama Mesjid At-Tanwir

RBO >>  BENGKULU >>  Dalam mempersiapkan 5000 Kader Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) diamanahkan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pelatihan Instruktur Kader Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah /Aisyiyah Regional III Sumatera bertempat di Kampus IV UMB kemarin (27/01). Pelatihan ini diadakan dari tanggal 27- 31 Januari 2018. Dimana peserta pelatihan instruktur kader diinapkan dalam Rusunawa UMB yang bersebelahan dengan Kampus IV UMB.

      Ketua PP Muhammadiyah, Drs. H. Hajriyanto, Y. Thohari, MA yang hadir dalam pembukaannya, dimana dalam jumpa pers menyampaikan bahwa Majelis Kader Pusat Muhammadiyah dalam mempersiapkan 5000 Kader Muhamamdiyah  diadakan pelatihan bagi Instruktur Kader bagi dosen dan guru sekolah Muhammadiyah. Pentingnya pelatihan ini menurutnya karena Muhammadiyah hadir dalam suasana keberagaman ideolog, sehingga hal ini harus diseragamkan bagi intruktur yang nantinya akan mentransfer pengetahuan dan ideologi terhadap dosen dan guru Muhammadiyah dan Aisyiyah dan masih kurangnya kader-kader Muhammadiyah, sehingga perlu dipersiapkan sebanyak mungkin.

“PP Muhammadiyah melalui Majelis Pendidikan Kader Muhammadiyah dalam mempersiapkan 5000 Kader Muhammadiyah mengadakan Pelatihan Instruktur Kader AIK Regional III Sumatera berjumlah 100 orang peserta. Pelatihan ini sebelumnya diadakan di Solo dan Jakarta dirasakan masih kurangnya Kader Muhammadiyah. Mulai dengan kader Perserikatan, Kader Umat dan Kader Bangsa. Sehingga nantinya akan merekatkan kebersamaan di Indonesia.’’

       Muhammadiyah hadir dalam keberagaman  ideologi. Sehingga hal ini dipandang perlu menyeragamkan Ideologi. Yakni Islam bagi dosen dan guru Muhammadiyah dan Aisyiyah. ‘’Melalui Instuktur Kader inilah nanti akan dihasilkan kader-kader memiliki ciri khas Muhamamdiyah yang berideologi berpengetahuan serta berwawasan Islam, “ujar Ketua PP Muhamamdiyah.

      Hal senada disampaikan oleh Rektor UMB, Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA. Bahwa Bengkulu ditunjuk menjadi tuan rumah  Pelatihan Instuktur se Sumatera, karena PWM Provinsi Bengkulu dinilai berhasil dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan besar. Seperti  Rakornas PTM se Indonesia dan Rakornas LPCR dan harapannya nanti acara yang lebih besar ditahun 2019, yakni Tanwir Muhammadiyah dan dimungkinkan untuk muktamar Muhammadiyah se Indonesia.

      Selain itu,  dengan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid AT-Tanwir akan disiapkan menjelang Tanwir Muhamamdiyah 2019 mendatang.

“UMB ditunjuk menjadi tuan rumah beberapa acara penting Muhammadiyah Pusat. Seperti rapat konsolidasi, Pelatihan Istruktur Kader, Pengajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu, Pengajian Keluarga Besar dan Simpatisan Muhammadiyah dan peletakan batu pertama Mesjid At-Tanwir Kampus IV UMB karena 2 acara besar dianggap sukses dilaksanakan sebelumnya. Seperti Rakornas PTM dan Rakornas LPCR. Harapan kami UMB nantinya ditahun 2019  menjadi tuan rumah Tanwir Muhammadiyah dan direncanakan pembangunan Mesjid At-Tanwir yang baru peletakan batu pertama ini insya Allah akan diresmikan juga.’’

       Ditambahkannya, PP Muhamamdiyah nantinya jika mengamanahkan kepada UMB untuk even-even besar seperti Muktamar Muhamamdiyah se Indonesia maka akan kita persiapkan.   “Pelatihan Instruktur Kader Muhammadiyah/ Aisyiyah Regional III Sumatera ini diikuti oleh 35 Perguruan Tinggi Muhamadiyah dan Aisyiyah (PTM dan PTA)  beserta guru Sekolah Muhammadiyah dengan dibatasi  100 orang peserta. Adapun tema dalam pelatihan tersebut Penguatan Kompetensi Kader dan Instruktur di PTM untuk pembudayaan perkaderan dan peletakan batu pertama mesjid At-Tanwir Kampus IV UMB berlantai 3 yang direncanakan akan membutuhkan dana sekitar 13, 8 Miliar Rupiah dan untuk sekarang sudah ada donator seperti AMCF yang akan memberikan bantuan sepertiga dana yang dibutuhkan, bantuan 500 sak semen dari Helmi Hasan dan dimungkinkan kepada siapa saja yang akan membantu demi kebaikan dan amal ibadah akan pembangunan Mesjid At-Tanwir yang nantinya dapat memberikan pencerahan yang luar biasa kepada masyarakat, mahasiswa dan dosen UMB nantinya.(Ae-4)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × 4 =