Kadis Dikbud : Tamat SMA/SMK Pilihan Tepat Kuliah di Universitas Terbuka

Kadis Dikbud : Tamat SMA/SMK Pilihan Tepat Kuliah di Universitas Terbuka

ADIT/RBI Kepala UPBJJ UT Bengkulu Dr. Yumiati bertemu dengan Kadis Dikbud untuk berkoordinasi terkait peningkatan mutu pendidikan. Terlihat Yumiati sedang bersalaman dengan Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu
BERBAGI:

RBO >>  BENGKULU >>  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, H. Budiman Ismaun M.Pd sangat mendukung keberadaan UPJJB UT Bengkulu. Ia juga berharap kepada lulusan SMA/SMK, bahkan lulusan paket C dapat melanjutkan pendidikan di UPJJ (Unit Belajar Jarak Jauh) UT Bengkulu.

      “Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mendukung UT. Saya berharap kepada siswa/i yang sekarang sebentar lagi tamat untuk dapat kuliah di UT. Calon mahasiswa yang tidak tertampung di perguruan tinggi negeri tatap muka kuliah saja di UT. Karena apa ? UT ini juga perguruan tinggi negeri, mutu pendidikannya dijamin oleh pemerintah pusat. Soal ijazahnyanya tak usah khawatir, tidak ada pembeda ijazahnya. Ijazah lulusannya diakui negara dan bisa dipakai dimana saja,” terangnya.

      Disisi lain Kepala Dikbud ini memiliki keyakinan bahwa lulusan UT dapat diandalkan. “Jadi kalau mahasiswanya fokus gali ilmu, ya belajar ototidak itu seperti halnya mahasiswa UT yang belajar mandiri dengan membaca buku-buku tentu ilmunya itu akan cepat melekat dibandingkan dengan ilmu yang ditransfer dari dosen. Sebagaimana kita ketahui, UT yang kuliahnya hampir semuanya berbasis digital memerlukan kemandirian dan keseriusan mahasiswanya,” katanya.

  1. Budiman juga berpesan kepada UPBJJ UT Bengkulu untuk terus menjaga mutu dengan sistem belajar yang berintegritas, penuh kesungguhan dam berkolaborasi dengan segala elemen.

      “Seperti halnya kami. Kami dukung penuh untuk pendidikan. UT telah bekerjasama dengan Kami. Disini kita kerjasamanya dengan cara memberikan support peminjaman sarana dan prasarana seperti ruang belajar kelas di sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk pertemuan tatap muka mahasiswa/i UT. Termasuk juga pengawasan bila diperlukan kami siap bantu,” jelas Budi saat menerima kunjungan Kepala UPBJJ UT Bengkulu Dr. Yumiati  dan Koordinator Registrasi Ujian Lina Asnamawati, M.Si diruang kerjanya pada Senin siang (29/1).

      Disisi lain, Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati dalam pertemuan dengan Kadis Dikbud mengatakan, UT bekerjasama dengan Dikbud Provinsi Bengkulu dalam pemanfaatan fasilitas.

      “Bentuk kerjsama ini adalah komitmen bersama dalam membangun, meningkatkan kualitas serta mutu dunia pendidikan daerah,” ucapya.

      Kuliah di UT Pasti karena mutu pendidikan di UT yang lebih baik. Sebagaimana diketahui, UT telah terakreditasi oleh BANPT. Artinya, akreditasinya tidak diragukan lagi. Karena banyak Program Studi yang terakreditasi A dan B. Jadi, setelah lulus ijazahnya tak diragukan lagi, dan kami juga UT telah berstandar internasional (ISO). Jadi lulusan UT juga diakui dan bisa kerja diluar negeri.

      Selanjutnya, orang yang kuliah di UT tidak terbatas waktu dan kendala usia. Tahun ijazah kapan pun, SMA atau ijazah paket bisa masuk UT. Kemudian UT memiliki tempat belajar dari Kaur sampai dengan Mukomuko. Itu artinya disetiap kabupaten UT memiliki kelompok belajar.

      “Mau dimana saja tinggal, hingga pelosok desa pun bisa kuliah di UT. Kualitasnya sama dengan UT di Kota Bengkulu. Dosen atau tutornya semua UT yang atur dan pasti berkualitas. Dan lagi pertimbangan lain masyarakat Bengkulu yang banyak kuliah di UT ini adalah kuliahnya tidak memakan waktu dan tempat. Jika tidak bisa tatap muka, dengan tutor kita kuliah melalui digital online. Perpustakaan kita juga sudah digital dan hampir keselurahan kita digital. Kuliah berbasis online seperti ini pasti tidak menghalangi mahasiswa dari daerah. Karena fleksibel seperti inilah kita jadi pilihan utama,” ujarnya. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seventeen − 7 =