1.094 Mahasiswa IAIN Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

1.094 Mahasiswa IAIN Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

BERBAGI
LILIS PANGESTUNING/RBO Kasubag Humas IAIN Bengkulu, Ikhsan

    RBO >> BENGKULU >>   Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman  Lapangan (PPL) untuk mahasiswa . PPL ini program setiap tahun ajaran yang masuk di kurikulum mata kuliah yang dilaksanakan oleh setiap Fakultas di IAIN Bengkulu.  Setiap fakultas menempatkan mahasiwanya di berbagai lembaga sesuai dengan jurusan dan bidang masing-masing .

     Fakultas Tarbiyah dan Tadris ( FTT) ditempatkan di lembaga  sekolah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  di lembaga industri, keuangan, dan lembaga non bank, fakultas Syariah ,Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) di lembaga media sosial, dan pesantren-pesantren. PPL dilaksanakan selama 2 bulan, dengan jumlah seluruh  mahasiswa kurang lebih 1.094.

    “ PPL dilaksanakan untuk mempraktikkan secara langsung teori-teori yang sudah didapat selama perkuliahan, serta melatih mahasiswa di dunia kerja  setelah lulus kuliah,” ujar  Kepala Humas IAIN Bengkulu, Ikhsan saat dihubungi RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin.

    Dari masing masing fakultas, lanjutnya, mahasiswa PPL di tempatkan di tempat yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan intelejensi dan kecerdasan emosinal mahasiswa itu sendiri.  Fakultas  Syariah melakukan PPL dengan dua gelombang. Yaitu PPL Luar Kota, dengan  jumlah mahasiswa 63 yang di tempatkan di Komisi Yudisial, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan dewan Syariah Nasional, dan PPL di lembaga-lembaga Bengkulu. Setiap mahasiswa yang melakukan PPL harus memenuhi syarat. Yaitu  sudah menyelesaikan 120 SKS mata kuliah.

    Khusus kegiatan PPL tahun ini di  Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, paparnya,  ada perbedaan dari sebelumnya. Yaitu, tahun ini PPL ada yang ditempatkan di sekolah-sekolah untuk mahasiwa Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI). Jumlah mahasiswa FUAD  yang PPL sebanyak 152 mahasiwa.

    “Mahasiswa melatih soft skill  dan mempraktikkan teori yang  sudah didapat di kelas ke lapangan langsung. Mereka  menerapkan akademik yang didapatkan selama perkuliahan di kampus,” tambah  Wadek I Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, Suwarjin saat dihubungi secara terpisah kemarin.(mg3)