Ini Kriteria Pemimpin Pilihan Rakyat Kota

Ini Kriteria Pemimpin Pilihan Rakyat Kota

BERBAGI:

Hasil Survei: Merakyat, Cerdas, Tegas Prioritas Pembangunan Ekonomi

RBO >>  BENGKULU >>  Anda ingin tahu pemimpin seperti apa yang dibutuhkan Kota Bengkulu? Hasil salah satu lembaga survei menyatakan, Kota Bengkulu ini membutuh pemimpin Merakyat, Cerdas, Tegas yang memprioritaskan Pembangunan Ekonomi.

      Adalah Lembaga Analisa Suara Rakyat (Lasak) yang berkolaborasi dengan konvensi rakyat membeberkan hasil survei awal mereka terhadap keinginan warga masyarakat Kota Bengkulu untuk pemimpinnya lima tahun kedepan adalah pembangunan ekonomi.

     “Dari sisi pembangunan, saat survei kita memberikan pertanyaan pada responden, terkait pembangunan seperti apa yang diinginkan masyarakat. Ternyata dari sisi pembangunan warga masyarakat Kota Bengkulu mayoritas lebih memprioritaskan pemimpin yang memiliki konsep pembangunan ekonomi. Setelah itu baru pembangunan infrastruktur dan SDM,” ungkap Direktur LASak Dr (C). M Jeffri Arlinandes Chandra, SH, MH saat press release, Kamis (1/2).

      Adapun pembangunan ekonomi yang diinginkan oleh rakyat, warga masyarakat Kota Bengkulu dari 450 orang responden yang terbagi di 9 Kecamatan, 67 kelurahan dalam Kota Bengkulu, lanjut Direktur LASak, prioritas ekonomi tersebut berkaitan dengan pembangunan yang dilaksanakan dalam periode kepemimpinan sebelumnya.

     “Jadi warga masyarakat lebih menginginkan lapangan pekerjaan. Kemudian program peningkatan ekonomi. Sebab jika ekonomi sudah meningkat tentu dengan sendirinya, infrastruktur serta kesejahteraan pun akan mengikuti. Dan ini mungkin juga berkaitan dengan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya, sehingga masyarakat menilai ekonomi lebih prioritas,” terangnya.

      Selain itu, dalam survei awal yang mereka release, LASak juga membeberkan bahwa warga masyarakat Kota Bengkulu menginginkan sosok pemimpin yang jujur, merakyat, tegas dan cerdas. “Survei kita dari Sembilan kecamatan, masing-masing kecamatan diambil purposit sampel 50 orang dan dilaksanakan dalam rentang waktu tanggal 15 sampai 21 Januari Tahun 2018, usia responden antara 17-35 tahun dengan metode analisis, deskriptif kuantitatif. Dimana hasilnya valid dan reliabel, dan penelitian kita independen. Untuk karakter pemimpin rata-rata 60 persen warga masyarakat ingin sosok pemimpin yang jujur 61 persen, merakyat 64 persen, tegas 60 persen, dan cerdas 57 persen,” paparnya.

      Sebelumnya dalam pres release itu, Direktur LASak menceritakan, awal berdirinya lembaga yang mereka koordinir, dimana para anggota LASak dari berbagai latar belakang disiplin ilmu para dosen. Mereka ingin ikut berperan dalam melahirkan sosok pemimpin yang berkualitas.

     “Secara periodik kami akan memantau perkembangannya. Kedepan kita kembali akan melakukan survei. Kita berharap ada suatu hasil yang benar diinginkan oleh rakyat. Dan dari hasil survei kami, mungkin bisa dijadikan pedoman untuk menyusun program visi misi kandidat. Nanti setelah debat publik kami juga akan turun kembali melakukan survei. Sejauh mana debat tersebut mempengaruhi rakyat. Dan saat hari H Pilwakot tanggal 27 Juni, kami juga akan melakukan quick qount, sehingga saat pencoblosan dihari H pencoblosan kita sudah bisa mengetahui hasil yang sebenarnya,” pungkasnya.

      Sebelumnya dari penggagas Konvensi Rakyat untuk Pilwakot Bengkulu, Feri Sapran  mengatakan bahwa saat ini proses demokrasi kita masih setengah jalan. “Saat ini proses demokrasi kita masih setengah jalan dan masih perlu untuk kita tingkatkan agar menjadi lebih baik,” tambahnya.

    Saat press release nampak beberapa orang pimpinan Parpol serta tim sukses dari empat Paslon kandidat. (idn)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 − 15 =