Kuliah Mandiri di UPBJJ UT Bengkulu, Sangat Menguntungkan Mahasiswa

Daerah Featured Pendidikan

RBO >> BENGKULU >>  Pola belajar mandiri yang dilakukan mahasiswa UPBJJ UT (Universitas Terbuka) Bengkulu membuat mereka dapat menguasai ilmu dengan baik. Kuliah di UPBJJ UT Bengkulu hanya 20 persen tatap muka, selebihnya mahasiswa dituntut untuk mandiri.

“Kita juga ada dosennya. Mahasiswa belajar mandiri itu artinya mahasiswa menentukan sendiri waktu belajarnya, tujuan belajarnya, kapan bisa belajarnya, apa saja yang harus ia lakukan dan menargetkan kapan selesainya. Yang kita sebut belajar mandiri disini juga Ia tidak harus mendapatkannya dari dosen untuk mengusai mata kuliah tersebut, melainkan bisa juga dari berbagai sumber lain. Misalkan saja mereka mencari referensi ilmu itu melalui buku, internet, dan mendiskusikannya melalui kelompok. Dan perlu saya tegaskan juga bahwa belajar mandiri itu bukan berarti belajar sendirian,” terang Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati saat memberikan materi dihadapan ratusan mahasiswa baru UT (3/2).

Dr. Yumiati juga menerangkan, UPBJJ UT Bengkulu semuanya berbasis komputer. “Misalkan saja ketika ujian online, mahasiswa langsung tahu berapa benar dan salahnya,” katanya.

Yumiati juga mengatakan, berdasarkan teori ilmu yang didapat dengan cara mencari sendiri, belajar mandiri maka ilmu yang didapat tersebut akan melekat lama. Begitu juga dengan mahasiswa UT. Kemandirian mereka menuntun mereka mendapatkan ilmu yang melekat lama.

Dari sistem BJJ atau proses belajar, mahasiswa belajar sendiri atau kelompok. Kemudian layanan bantuan belajar atau tutorial yang dimiliki UT yakni tutorial bimbingan tatap muka, bimbingan online, tutorial berbasis web atau video conference dan tutorial televisi 24 jam (Satu chanel Sky LBS TV).

Sementara itu, salah seorang mahasiswa baru UT dalam Kota Bengkulu, Akbar Mustofa saat ditemui disela kegiatan  orientasi studi mahasiswa baru program sarjana dan diploma FEKON, FMIPA, FISIP dan FKIP di Aula UT Bengkulu (3/2) mengatakan, “Saya pilih UT karena kuliahnya yang mandiri dan juga disela kuliah saya bisa sambil kerja. Sabtu Minggu saya kuliah dan selebihnya saya bisa kerja. Terpenting bagi saya keuntungan yang saya dapat disini adalah bisa mengatur waktu,” jelas Akbar yang kerja di Bank Mandiri.

Senada dengan itu,  Vonita Triani, Mahasiswa D3 Bahasa Inggris Unib ini melanjutkan jenjang pendidikannya ke S1 Bahasa Inggris UT.

“Sudah banyak sekali alumni kakak tingkat saya yang melanjutkan S1nya di UT ini. Saya pilih ini dengan pertimbangan kuliah sambil kerja. Kemudian juga saya pilih UT ini karena kuliahnya online disamping itu juga terjangkau bagi saya,’’ kata Vonita. (ae2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *