Guru Jangan Mau Tersendat Karier, Baiknya Kuliah di UT untuk Masa Depan

Guru Jangan Mau Tersendat Karier, Baiknya Kuliah di UT untuk Masa Depan

Adit/RBO: Foto UT - Dengan perwakilan SMK Argamakmur & Foto UT dengan Kepala PAUD tedika Kepahiang
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Guru PAUD yang belum sarjana atau belum melinearkan pendidikannya sesuai dengan profesi, jangan menghilangkan peluang untuk berkarier. Para guru PAUD dan PGSD atau pelajar yang baru tamat SMA/SMK silakan Kuliah di UT untuk masa depan yang lebih baik.  Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati saat melakukan sosialisasi dengan guru-guru PAUD di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu (6/2) menuturkan, Tim UPBJJ UT Bengkulu saat ini tengah sosialisasi ke sekolah- sekolah PAUD se kabupaten di Provinsi Bengkulu. Kali ini di Tim UT Bengkulu berada di TK Tadika Puri Kepahiang.

“Ini sosialisasi program UT kepada guru-guru PAUD. Sosialisasi ini berisikan tentang mengapa guru harus melanjutkan ke S1 PAUD.  Sebagaimana kita ketahui bahwa keharusan melanjutkan pendidikan atau melinearkan pendidikan ini  sesuai dengan UU guru dan dosen nomor 14 tahun 2005 berkaitan pasal 1 dan 7, bahwa guru (termasuk guru PAUD) merupakan tenaga profesional dengan persyaratan minimal sarjana dan bidangnya sesuai dengan bidang yang diajarkan dalam hal ini ya PAUD,” kata Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati.

Disisi lain, Ia menambahkan, “Selain itu juga  saya memperkenalkan UT dan bagaimana kuliah di UT. UT merupakan PTN yang ke 45 diresmikan langsung oleh Presiden Jendral Soeharto pada tahun 1984. UT memiliki sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Terbuka disini maksudnya adalah terbuka untuk siapapun bisa menjadi mahasiswa UT, asal lulus SLTA atau memiliki ijazah SMA sederajat. Kemudian yang dimaksud dengan jarak jauh ini adalah pembelajaran dijembatani dengan penggunaan media atau teknologi (online). Kemudian juga pembelajaran menekankan pada kemandirian belajar mahasiswa dengan atau tanpa bantuan belajar.”  Lanjut sosialisasi di PAUD selanjutnya, kepala  PAUD Annur Kepahiang, Surmiani mengatakan, “Saya sekarang kuliah di UT Bengkulu. Dari kuliah di UT ini saya tahu tentang bagaimana cara mengajar dan bagaimana cara menghadapi siswa dan orang tuanya.

Alhamdulillah kedepannya setelah kuliah di UT ini ada kebaikan. Jika dibandingkan dulu sebelum kuliah di UT ini pengetahuan kami minim. Karena basic pendidikan kami SMA.”  Kepala PAUD Annur Kepahiang ini menerangkan bahwa informasi kuliah di UT sangat muddah untuk didapatkan.  “Disetiap kabupaten ada. Sebagai contoh ditempat kami (Kepahiang). Informasi bisa didapat di Dinas Pendidikan, Bidang Pendidikan Luar Sekolah. Kami juga berterima kasih kepada UT dan Ibu Betty Harwini, S.Pd. Berkat beliau kami guru yang sudah berusia 40 tahun ini mampu dan tetap bertahan melanjutkan pendidikan di UT,” jelasnya.

Terpisah, dihari yang sama tim UPBJJ UT Bengkulu yang melakukan sosialisasi ke SMA/SMK di Bengkulu Utara. Salah satu sekolah yang dikunjungi UT yakni SMK 1 Arga Makmur Bengkulu Utara.  Kepala  SMK 1 BU, Drs. Rukman Effendi dihubungi via telepon mengatakan bahwa cukup banyak siswa kelas 12 setelah tamat melanjutkan pendidikan S1 nya di UT Bengkulu. Pertimbangan mereka adalah kuliahnya di negeri dengan biaya murah dan waktu belajar yang fleksibel. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seventeen − four =