Ini Keunggulan Kuliah di UT

Ini Keunggulan Kuliah di UT

BERBAGI
ADIT/RBO Tim UT Bengkulu melakukan sosialisasi ke sekolah SMA/SMK se Provinsi Bengkulu

RBO >>  BENGKULU >>  Universitas Terbuka (UT) Bengkulu tak perlu diragukan lagi. Dari pada kuliah ditempat perguruan tinggi yang belum jelas akreditasinya dan  legalitas pendukung lainnya, disarankan lebih baik kuliah di UT.

      Alumni UT Bengkulu angkatan 2010 yang saat ini mengajar di SDN 109 Air Padang Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Etti Chamtia, S.Pd menuturkan bahwa UT itu banyak keunggulannya. Keunggulan pertama adalah di UT tidak ada batasan. Maksudnya disini adalah tidak ada batasan dan persyaratan usia, tahun ijazah dan jangka waktu penyesuaian studi.

Kemudian keunggulan kedua yakni sangat mudah diakses. Kuliah di UT tidak terkendala ruang, waktu dan tempat dan pembelajaran dapat dilakukan kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Selanjutnya yang ketiga adalah terjangkau. Biaya kuliahnya 35 – 55 ribu per SKS, sungguh sangat terjangkau.

      Dan keunggulan selanjutnya adalah fleksibel. Fleksibel disini bebas memilih  skema layanan pendidikan dan kegiatan belajar (Paket/SIPAS dan Non Paket/Nom-Sipas). Kemudian juga fleksibel disini yakni bisa diikuti sambil kuliah ditempat lain.

      “Menurut saya, UT ini didirikan untuk memberikan kesempatan bagi siapapun guna mendapatkan pendidikan tinggi tanpa dibatasi oleh usia, pekerjaan dan lokasi,” jelas alumni PGSD UT ini.

      UT yang memiliki program pendidikan Fakulutas Ekonomi,  FISIP, FMIPA, FKIP semua Prodi telah terakreditasi minimal B. Sebagai contoh Prodi yang telah terakreditasi A, yakni Manajemen, Administrasi Negara, Ilmu ADM Bisnis, Akuntansi dan Sosiologi. Mengenai beasiswa, UT memiliki beasiswa penuh (bidik misi dan csr), dalam masa study (beasiswa prestasi) dan beasiswa 3 T.

      “D2 saya di UT. Kemudian lanjut lagi S1 PGSD di UT. Dan untuk S2 nya saya juga kepikiran untuk lanjut lagi di UT. karena cocok sekali dengan kondisi saya. Sambil melaksanakan tugas sebagai guru rasanya saya bisa juga kuliah S2 di UT tanpa mengganggu jam mengajar saya,” demikian Etti. (ae2)