Ternyata, Realisasi PBB di BU Hanya 45 Persen

Ternyata, Realisasi PBB di BU Hanya 45 Persen

BERLIAN/RBO Camat Kerkap Sujindro,Ketua Bappeda Bengkulu Utara, DR.Sahat Situmorang bersama para Kades saat Musrenbangcam Kerkap kemarin
BERBAGI:

 

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Sepertinya Pemkab BU lewat OPD terkait dan kerjasama lintas sektoral harus bekerja keras tahun ini dalam mengumpulkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah. Terutama dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).Pasalnya, pada tahun 2017 lalu, target pendapatan yang dipatok dalam APBD BU sebesar Rp 2.7 Miliar pada faktanya terealisasi hanya Rp 1,3 miliar saja alias sekitar 45 persen dari target yang ada.

      Gagalnya upaya memaksimalkan PAD dari sektor PBB ini, berakibat fatal bagi keseluruhan PAD di BU dan berdampak terhadap perhatian pemerintah pusat dalam menggelontorkan dana dalam bentuk DAU ataupun DAK.       Rendahnya kemampuan Pemkab BU dalam menarik PBB tersebut, disampaikan Ketua Bappeda BU saat Musrenbangcam di Kecamatan Padang Jaya, dihadapan Bupati BU, Ir.Mian beberapa waktu lalu.

      Dan pada Musrenbangcam Kecamatan Kerkap kemarin, Kepala Bappeda BU DR.Sahat Situmorang kembali menegaskan akan rendahnya PAD di sektor PBB dihadapan Camat dan para Kades serta lurah se Kecamatan Kerkap.

       Untuk itu ia berharap para Camat dan Kades serta perangkat desa  lainnya untuk lebih giat lagi dalam melakukan pemungutan PBB di Desa masing-masing.

      Sahat mencontohkan untuk Kecamatan Kerkap saja target PBB tahun lalu dari 17 desa dan 1 kelurahan sebesar Rp 93 juta. Namun yang terealisasi hanya 40 juta saja.(bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × 2 =