UT Cetak Lulusan Siap Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

UT Cetak Lulusan Siap Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

BERBAGI
ADIT/RBI Sosialisasi UT ke Sekolah dan Instansi se Provinsi Bengkulu.
BERBAGI:

RBO >> BENGKULU >>  Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, salah satu program  Kemenristekdikti adalah mencanangkan dibukanya pendidikan jarak jauh (PJJ ) di perguruan tinggi. Menimbang hal itu, UPBJJ Universitas Terbuka (UT) perguruan tinggi yang tepat bagi mahasiswa menyongsong Era Revolusi Industri 4.0.

      Dijelaskan Kepala UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati, saat ini baru UT yang membuka PJJ secara institusi. Sementara PT yang lain (sekitar 51 PT) membuka PJJ baru pada taraf program studi dan mata kuliah saja. Pada tahun ini akan dibuka 400 PT yang menyelenggarakan PJJ. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak APK dari 29% menjadi 35%.

      Ia mengatakan, UT sebagai pelopor PJJ di Indonesia diharapkan oleh Menteri Ristekdikti dapat mencapai jumlah mahasiswa sebanyak 1 juta orang.

      “Dalam rangka ikut membantu program menteri tersebut , kita (UT,red) dalam hal ini UPBJJ UT Bengkulu berusaha juga menaikkan jumlah mahasiswa melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan promosi (Sosprom) ke instansi-instansi pemerintah serta ke sekolah-sekolah SLTA. Staf-staf UT Bengkulu, baik staf administrasi maupun dosen menyebar ke seluruh kabupaten kota di Provinsi Bengkulu untuk melakukan Sosprom tersebut,” terangnya.

      Dr. Yumiati menambahkan, instansi- instansi yang dikunjungi misalnya Polres, kantor BKD pemda setempat, IGTKI, SMA dan SMK.

      “Semoga dengan Sosprom ini para pegawai di instansi yang dikunjungi serta para siswa SMA/SMK tertarik untuk kuliah di UT. Kuliah di UT dengan berbagai kemudahan. Misalnya tidak dibatasi oleh usia, tahun ijazah, lama studi, dan pemilihan mata kuliah, serta dapat dilakukan kapan saja, dimana saja tanpa terkendala oleh ruang dan waktu merupakan pilihan yang tepat untuk kuliah di jaman now. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kuliah tidak harus tatap muka, pembelajaran online menjadi trend dan menjadi pilihan yang menarik,” tuturnya.

      UT merupakan perguruan tinggi negeri yang sudah tersertifikasi secara internasional dan nasional. Secara internasional sertifikat diperoleh dari ICDE dalam bidang menajemen PJJ. Secara nasional UT telah tersertifikat ISO, dan dr BANPT di mana UT telah memperoleh akreditasi prodinya A dan B.

      Disisi lain, arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah dengan pola yang UT terapkan selama ini.

      Saat ini sasaran strategis Kemenristekdikti dianggap masih relevan, sehingga perubahan hanya dilakukan pada program dan model layanan yang lebih banyak menyediakan atau menggunakan teknologi digital (online). Kendati demikian, kebijakan pendidikan tinggi pun harus disesuaikan dengan kondisi revolusi industri 4.0. Terdapat perubahan kebijakan dan program yang terkait dengan sumber daya Iptek Dikti, kelembagaan, pembelajaran dan kemahasiswaan, serta riset dan pengembangan juga inovasi. (ae2)