Berkualitas, UT Terjangkau Oleh Semua Lapisan Masyarakat

Berkualitas, UT Terjangkau Oleh Semua Lapisan Masyarakat

BERBAGI
Adit/RBO Kegiatan sosialisasi UT
BERBAGI:

RBO >>  BENGKULU >>  Universitas Terbuka (UT) diakui sebagai universitas yang berkualitas dari semua penilaian. Secara akademik, UT juga memastikan bahwa kualitas akademik UT sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

      Dalam era globalisasi, sistem belajar terbuka dan jarak jauh merupakan sistem belajar yang efektif, fleksibel, dan menguntungkan. Belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

      Di UT, bahan ajar cetak (modul) merupakan bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri, tanpa bantuan tutor. Modul-modul yang ada juga telah dilengkapi dengan bahan ajar non-cetak, serta bahan ajar berbasis komputer dan internet (CAI dan Web-Supplement).

UT menjamin bahan ajar dan bahan ujian yang berkualitas. Bahan ajar dan bahan ujian UT dikembangkan oleh para penulis yang ahli dalam bidangnya yang merupakan dosen-dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

      Kualitas bahan ajar UT telah dikenal oleh masyarakat luas dan terbukti banyak digunakan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia. Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka dan jarak jauh yang diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar.

    Tak hanya bicara kualitas, keuntungan mahasiswa pun di UT sangat banyak didapatkan. Buktinya di UT tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan tidak memberlakukan sistem drop out. Selanjutnya, tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur. Waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun. Ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa. Penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak, baik yang dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, maupun bahan belajar berbasis komputer dan internet.

      Salah satu alumni UT Bengkulu, Ranti Putria, S.Ikom menyatakan dan merasakan kualitas UT tersebut.

      “Saya merasakannya. Pengalaman Saya selama di UT dari sisi kualitas pengajar semuanya berkualitas. Bahan ajar semuanya lengkap, mahasiswa akses mudah dan modul disediakan. Tinggal saja bagaimana mahasiswa itu dituntut keaktifannya,” terang wanita berprofesi sebagai presenter di TVRI Bengkulu ini.

      Ranti mengatakan, untuk orang yang sambil kerja, pertemuan tatap muka di hari weekend dengan dosen rasanya tidak menggangu. Itupun fleksibel sekali, jika tidak ada pertemuan ya gunakan online dsb.(ae2)