TKA Serbu Bengkulu, Perketat Pengawasan, Ilegal Dideportasi

TKA Serbu Bengkulu, Perketat Pengawasan, Ilegal Dideportasi

bengkulu
Ist/RBO: Plt. Gubernur Bengkulu, H. Rohidin Mersyah membacakan sambutan Mensos RI.
BERBAGI:

Standar TKA Harus Sesuai Kebutuhan

RBO, BENGKULU – Plt.Gubernur, Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, MMA meminta, jajaran Pemda yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) di wilayah 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu. Hal ini guna mengantisipasi adanya serbuan TKA ilegal ke Provinsi Bengkulu yang mengancam kesempatan kerja bagi putra-putri daerah, serta berpotensi menimbulkan kecemburuan sosial dan konflik.
“Saya pastikan bahwa tenaga kerja asing itu boleh masuk. Namun harus memenuhi prosedur seperti surat menyurat,” tegasnya, kemarin.
“Standar TKA nya itu juga harus yang betul-betul dibutuhkan karya, mempunyai keahlian itu tentu yang tidak tersedia di Bengkulu, itu yang harus kita data. Kalau tidak memenuhi kriteria itu harus kita kembalikan ke negara asalnya,” tambahnya.
Selain itu, masyarakat juga diminta melaporkan kepada pihak berwajib atau Imigrasi jika ada warga negara asing yang berada di Bengkulu dalam waktu yang cukup lama bekerja pada suatu perusahaan dan melakukan kegiatan mencurigakan lainnya.
Hal ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran Undang-Undang Keimigrasian UU No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, dan pelanggaran lainnya.
“Partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan itu diperlukan jangan sampai ada tenaga kerja asing yang bekerja di daerah ini tidak sesuai dengan ketentuan perizinan yang berlaku,” pungkasnya. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eighteen − 1 =