Desa Balam Bangun Rabat Beton dan Kuat SDM Desa

Desa Balam Bangun Rabat Beton dan Kuat SDM Desa

BERBAGI
BERLIAN/RBO KADES BALAM, IKLIM JAUHARI DAN KETUA BPD SETEMPAT

 

RBO >> ARGA MAKMUR >>  Sadei Balam merupakan satu dari 10 desa dalam wilayah Kecamatan Air Padang, Bengkulu Utara (BU) yang saat ini sedang menggeliatkan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur desa mereka. Dibawah kepemimpinan sang Kadesnya, Iklim Jauhari, Pemdes melalui perangkat desa yang ada, juga terus meningkatkan pelayanan terhadap semua warga sadei tanpa tebang pilih.

      Menurut Kades Balam, Iklim Jauhari atau lebih akrab dengan sapaan Tiak Lorin ini, saat ini jumlah penduduk Balam lebih kurang 500 jiwa dengan jumlah KK sekitar 125 Kepala Keluarga.

      Dijelaskan Tiak Lorin, Desa Balam tersebar dalam 3 wilayah Dusun yang masing-masing dipimpin seorang Kadun sebagai perangkat desa setempat.

      Terkait pelaksanaan pembangunan sarana prasarana desa yang bersumber dari APBDes tahap I dan Tahap II lalu, telah dirampungkan pembangunannya oleh Pemdes lewat TPK yang ada.

      Adapun pembangunan fisik yang dibangun tersebut, lanjutnya, meliputi sebanyak 3 titik jalan rabat beton di lingkungan desa Balam. Begitu pula dengan pelapis tebing dibangun Pemdes sepanjang 45 meter dari realisasi APBDes 2017 lalu.

      Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) desa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan terintegrasi di Sadei Balam. Peningkatan kapasitas kelembagaan desa dan kelompok yang ada di Desa, juga dilakukan Pemdes melalui kegiatan pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa oleh Pemdes lewat anggaran APBDes sadei tersebut.

      Iklim mengajak semua elemen yang ada di desa untuk kompak dan saling bekerjasama untuk mewujudkan pembangunan dan kemajuan desa mereka.(bri)