Semua Calon Walikota Silakan Sosialisasikan Nomor Urut Coblos

Semua Calon Walikota Silakan Sosialisasikan Nomor Urut Coblos

BERBAGI
IWAN/RBI KPU Kota sedang memimpin jalannya pengundian nomor urut pasangan keempat calon Walikota Bengkulu, Selasa (13/2).

RBIO >>  BENGKULU >>  Setelah resmi mendapatkan nomor urut sebagai peserta Pilwakot tahun 2018, maka paslon silakan sosialisasi. Nomor urut tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si akan menjadi Alat Peraga Kampanye (APK) masing-masing Paslon.

 “Jadi hasil dari pengundian nomor urut ini sifatnya final dan mengikat. Dan nomor urut ini nanti akan menjadi bagian dari APK yang akan dicetak. Termasuk menjadi untuk surat suara nanti, dan nomor urut ini akan digunakan untuk APK serta saat pencoblosan,” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu tersebut usai pengambilan nomor urut, kemarin (13/2).

      Sebelumnya dijelaskan oleh Darlinsyah, proses pengambilan nomor urut dengan cara mencabut bola undian telah dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Hasilnya nampaknya selain dilihat secara luas oleh warga masyarakat juga disepakati oleh para kandidat dan timnya.

“Alhamdulillah, tadi semuanya nampaknya terlihat puas dan bisa menerima hasil pengundian yang dilakukan ini,” jelasnya.

      Setelah penetapan ini nanti, maka akan dilaksanakan tahap masa kampanye dan nomor urut sudah bisa digunakan. “Setelah pengundian nomor urut ini, maka selama dua hari kedepan kewajiban kami menyampaikan atau mensosialisasikan nomor urut paslon kepada masyarakat. Dan setelah tiga hari penetapan Paslon, maka empat pasangan kandidat sudah akan mulai melaksanakan kampanye sampai H-3 hari H. Tetapi untuk zona kampanye itu kita masih akan dikoordinasikan terlebih dahulu. Termasuk jadwal kampanye. Jangan sampai nanti saat kampanye jadwalnya tabrakan antar sesama calon. Untuk itu akan kita koordinasikan terlebih dahulu,” pungkas Darlinsyah.

      Adapun dari proses pengambilan undian nomor urut lewat cabut bola pimpong, yang pertama mendapat kesempatan mengambil undian adalah pasangan Linda-Mirza dan dalam satu kali cabut undian, Mirza berhasil mendapatkan nomor urut empat. Sedangkan untuk pasangan Helmi-Dedy, setelah dua kali mendapat bola kosong, akhirnya setelah ketiga pasangan lainnya mendapatkan nomor urut Helmi-Dedy. Dimana yang mencabut undian adalah Dedy Wahyudi, sedangkan Helmi Hasan tidak hadir. Mereka mendapat nomor urut tiga. Dan kandidat pasangan David-Bakhsir setelah dua kali mengambil bola undian, David-Bakhsir mendapat nomor urut Satu dan ESD-AZA dalam dua kali percobaan mendapat nomor urut dua. Dan suasana setelah mendapatkan nomor urut nampak dalam forum para pendukung mulai meneriakkan yel-yel masing-masing. (idn)