Kemnaker Imbau Selesaikan Perselisihan Diluar Persidangan

Kemnaker Imbau Selesaikan Perselisihan Diluar Persidangan

Rio/RBO Kemnaker ajak buruh berdialog menciptakan ketenangan kerja di perusahaan
BERBAGI:

 

RBO >>  BENGKULU >>   Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Dirjen Pembinaan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja menggelar dialog bertemakan membangun ketenangan kerja di perusahaan.

Acara yang digelar di salah satu Hotel di Kota Bengkulu kemarin (13/02) ini berjalan sukses walau diwarnai kesalahpahaman mengenai jumlah peserta dialog yang melebihi perencanaan semula yang berjumlah 30 orang peserta.

      Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kemnaker Haiyani Rumondang diwakilkan oleh Kasubdit Pencegahan Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Kemnakertrans, Reytman Aruan dalam dialog tersebut menyampaikan bahwa  dialog ini berguna untuk meminimalisir dan pemahaman mengenai penyelesaian hubungan industrial. Dimana kesemua itu pada intinya harus terbangun komunikasi yang baik, sehingga tidak terjadi perselisihan/ konflik karena kesenjangan kepentingan antara pengusaha dengan pekerja/ buruh.

      “Mesti harus ada komunikasi yang baik antara pengusaha dengan pekerja. Sehingga jika terjadi konflik akan mudah diredam dan memimimalisir terjadinya komflik yang lebih besar lagi.’’

       Sering didapati, lanjutnya, hubungan industrial yang tidak harmonis itu. Sehigga perlu untuk memanage/ mengatur sehingga tidak terjadi ketidaksetaraan pekerja dengan pengusaha yang diakibatkan pengaruh lingkungan. Seperti masalah ekonomi, politik dan hal lainnya.

       ‘’Perlu adanya harmonisasi untuk menciptakan suasana aman, nyaman, dan produktif terus berjalan,’’paparnya.

      Oleh karena itu,  jika terjadi perselisihan hubungan industrial hendaknya diselesaikan melalui perundingan sebelum menempuh upaya hukum. Dimana nantinya akan menghasilkan kesepakatan yang sama-sama menguntungan bagi kedua belah pihak. Yakni antara pengusaha dengan pekerja.(Ae-4)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × 3 =