Mau Jadi Anggota KPU? Ini Caranya

Mau Jadi Anggota KPU? Ini Caranya

BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Tim seleksi calon komisioner KPU untuk delapan daerah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu mulai bekerja. Ketua Tim Seleksi, Zacky Anthony SH, MH, menyebutkan, pihaknya akan menyeleksi calon komisioner untuk tujuh kabupaten dan satu kota.
“Timsel dibagi dua, saya tergabung dalam timsel I yang akan menyeleksi calon komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kepahiang dan Rejang Lebong,” ungkap Ketua Timsel yang juga Ketua PWI Bengkulu tersebut, Senin (26/2).
Sementara Timsel II akan menyeleksi calon komisioner KPU Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Mukomuko, “Timsel akan menentukan enam orang yang akan direkomendasikan setiap KPU ke KPU RI, dan tiga orangnya akan dipilih oleh KPU RI sebagai komisioner,” katanya.
Pendaftaran akan dibuka sejak 2-12 Maret 2018, dan para pelamar bisa menyampaikan berkas lamaran serta administrasi lewat dua cara. Cara Pertama dengan langsung mengantarkan ke sekretariat Timsel KPU di Hotel Medelin Kota Bengkulu. Jika tidak bisa datang, maka peminat bisa menyampaikan berkas pendaftaran menggunakan jasa Pos Indonesia.
“Kalau lewat pos paling lambat kami terima pada 12 Maret Pukul 16.00 WIB,” ujarnya.
Selain itu, tidak ada larangan untuk yang mengikuti calon KPU provinsi juga mendaftar di KPU kabupaten dan kota, para pelamar hanya cukup memenuhi persyaratan yang tertulis dalam petunjuk teknis dan pelaksanaan perekrutan.
“Tapi kami rasa tidak mungkin akan bisa mengikuti keduanya langsung, karena tahapannya berbarengan, mustahil,” kata sekretaris timsel II April Herisman.
Dalam aturannya juga memuat bahwa hanya mantan narapidana yang divonis minimal lima tahun yang tidak memenuhi persyaratan sebagai calon komisioner. Menurutnya selain mantan narapidana Pasangan suami istri juga dipastikan gugur sebagai calon komisioner jika ditemukan keduanya mendaftar.
“Dalam aturan tidak boleh, jika suaminya menjadi komisioner KPU satu kabupaten, istrinya tidak boleh juga walaupun di kabupaten lainnya,” tandasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 + 9 =