FEBI IAIN Bengkulu Gelar Seminar Internasional

Featured Pendidikan

RBO >> BENGKULU >> Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bengkulu mengadakan seminar internasional dengan tema ”Riba Mengandung Bencana, Wakaf Dikunjungi Ridho Allah” bersama Prof. Ismail Bin Mohd dari University Putra Malaysia (UPM) di Aula Jama’an Nur Pasca Sarjana IAIN Bengkulu kemarin (27/02).

Acara ini dihadiri oleh beberapa civitas akademik FEBI dan dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor 2 Dr.Moh. Dahlan,M. Ag. Dalam sambutannya ini Dahlan mengharapkan agar peserta, khususnya mahasiswa IAIN Bengkulu menambah ilmu baru dan dapat mengetahui pengembangan sistem ekonomi di dunia serta menambah pengetahuan tentang perekonomian dan riba.

Seminar internasional ini dilakukan guna lebih memahami tentang riba. “Kita ketahui selama ini bahwa riba itu haram dan meminjam uang dari bank itu riba, maka disini akan mendefinisikan riba itu yang sebenarnya dan haram yang bagaimana. Bahkan bank-bank sendiri masih menggunakan bunga, padahal haram,” jelas Wakil Dekan I, Andang Sunarto, P.hd dalam seminar tersebut.

Peserta seminar disamping diikuti mahasiswa IAIN khususnya mahasiswa FEBI, juga ada dari Dehasen, maupun peserta umun lainnya. Jumlah peserta yang terdatar 162 dan yang hadir sebanyak 150 orang.

Prof. Ismail bin Mohd dalam materinya mengatakan bahwa jika kita melakukan riba berarti syirik. Karena riba jelas-jelas sudah diatur dalam Al-quran Surah Al-baqarah ayat 275. Jika kita masih melasanakan riba berarti belum mempercayai Al-qur’an. Seminar ini pun untuk wadah mahasiswa mengkolaborasikan antara matematika dan Akidah.(mg3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *