Harimau Ngamuk di Seluma, Warga Diminta Waspada

Harimau Ngamuk di Seluma, Warga Diminta Waspada

BERBAGI:

 

RBO >>  SELUMA >>  Sejumlah warga di Kelurahan Puguk dan Dusun Sukamaju Desa Batu Ampar,Kecamatan Seluma Utara resah. Karena ada Harimau Sumatera yang berkeliaran dan mengamuk sejak dua pekan terakhir. Bukan hanya mengancam jiwa manusia, namun harimau tersebut sudah memangsa 3 ekor kambing dan 2 ekor anjing milik warga sekitar.

“Harimau Sumatera sudah dua minggu ini masuk perkampungan dan numpang tidur di pondok- pondok milik warga,” kata anggota DPRD Seluma, Yos Sudarso Kudir SE, yang juga warga asal Kelurahan Puguk, Kecamatan Seluma Utara, Minggu (4/3).

Bukan hanya itu, akibat hal itu sejumlah warga takut beraktivitas ke kebun dan keluar malam.”Warga membatasi beraktivitas ke kebun karena takut bertemu dengan harimau itu,” ujarnya.

Sejumlah pihak menilai, keberadaan harimau yang mulai mengganggu ternak warga ini lantaran rusaknya habitat dan ekosistem hutan akibat illegal loging dan pembukaan hutan, baik oleh warga maupun perusahaan sawit.

Sebelumnya, Kepala BKSDA Seluma, Darwis Saragih telah mengingatkan warga agar waspada dan tidak merusak hutan. Karena, ini akan mengganggu penghuni hutan utamanya dalam mencari makanannya.

Maraknya hewan buas yang masuk ke desa dan atau kelurahan bahkan terkesan menggangu manusia lantaran banyaknya kasus pengrusakan hutan dan habitat asalnya. “Termasuk keberadaan beruang yang telah memangsa petani di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi beberapa waktu lalu, karena rusaknya habitat mereka dan mengganggu rantai makanannya,” ujar dia.

Petugas BKSDA juga telah masang kerangkeng dan melakukan sosialisasi kepada warga untuk menghentikan aktivitas ilegal logging dan pembukaan hutan di daerah hulu. ”Jika tidak dihentikan, maka akan terus terjadi hal-hal yang demikian,” sampainya.(0ne)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine − six =