Sugeng : Setiap Desa Wajib Musdes LPPDes

Sugeng : Setiap Desa Wajib Musdes LPPDes

RBO/BERLIAN Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD BU,Sugeng Prayitno
BERBAGI:

 

RBO, ARGA MAKMUR – Indikasi banyaknya desa yang belum melakukan Musyawarah Desa (Musdes) dengan agenda Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPDes) sebenarnya sudah ada laporannya ke Dinas PMD BU,sebagai OPD teknis yang menaungi 215 desa di BU. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD BU,Sugeng Prayitno saat disambangi RBI pada pelatihan Siskeudes bagi 10 Desa di Kecamatn Air Padang di aula Kecamatan setempat kemarin.

      Menurut Sugeng, ia sudah mengetahui adanya laporan banyak desa di BU yang tak kunjung melaksanakan Musdes LPPDes. Menurutnya, tak boleh ada satu desa pun yang tidak melakukan Musdes LPPDes. Sebab, itu wajib dilakukan setiap akhir tahun anggaran.

      Dipaparkan Sugeng, Musdes LPPDes dilakukan secara bersama-sama oleh BPD dan Pemdes yang melibatkan pendamping desa, pendamping teknis, tokoh masyarakat dan jajaran Kecamatan.

      Musdes LPPDes merupakan wadah bagi Pemdes untuk memberikan pertanggungjawaban pada masyarakat dalam melakukan realisasi APBDes mereka. Dan bila itu tidak dilakukan, maka Pemdes belum melakukan laporan pertanggungjawaban pada masyarakat terhadap masyarakat lewat BPD terhadap realisasi APBDes mereka.

‘’Ada 3 aspek pertanggungjawaban yang musti dilakukan pemdes. Yakni menyangkut penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan fisik sarana dan Prasarana Desa serta item kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam 1 tahun anggaran APBDes yang dananya baik bersumber dari ADD, DD, BHPR, maupun dana Silpa tahun sebelumnya,’’tegas Sugeng.(bri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eleven − six =