Mantan Kepala DPPKAD Divonis 1 Tahun Penjara

Mantan Kepala DPPKAD Divonis 1 Tahun Penjara

BERBAGI:

RBO,BENGKULU – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bengkulu, Selasa, (14/3) menyatakan terdakwa mantan Kepala DPPKAD Kota Bengkulu, M Sofyan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi (Sosialisasi pajak fiktif). Dan memvonis terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dan pidana denda Rp 50 Juta. Sidang dengan agenda pembacaan putusan itu diketuai oleh Majelis hakim Dr Jonner Manik SH, MH didampingi hakim anggota I Henny Anggraini SH, MH dan hakim anggota II Nic Samar SH, MH.
Dr Jonner Manik dalam amar putusannya, mengatakan bahwa, sesuai dengan keterangan saksi dan barang bukti yang terungkap di persidangan, terdakwa M Sofyan terbukti secara sah dan meyakinkna bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Hal yang meringankan terdakwa, selama persidangan bersikap kooperatif dan dan berlaku sopan dan santun.
“Perbuatan terdakwa sebagai mana diatur dan diancam dalam Pasal 3 junto pasal 18 undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Dan memvonis terdakwa seperti yang disebutkan di atas,” ujar ketua majelis hakim dipersidangan itu kemarin.
Terdakwa M Sofyan yang tidak didampingi PH dalam persidangan itu, saat dikonfirmasi terkait dengan putusan itu, mengatakan, bahwa putusan 1 tahun yang diputuskan oleh majelis hakim itu, kelihatan. Bahwa kasus ini sangat dipaksa untuk naik ke Pengadilan.
“Banding atau tidak terkait dengan putusan itu, Saya akan pertimbangkan terlebih dahulu. Sedangkan pidana denda yang dijatuhkan oleh mejelis hakim itu adalah perbuatan, Frans Antoni. Dalam pembuktian 55 itu sudah jelas, kegiatan itu dilakukan oleh Fran sendiri,” pungkasnya seusai pembacaan putusan itu kemarin.(ide)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twelve − 7 =