Ingin Aman? Ganti Kartu ATM & Credit Card Dengan ….

Ingin Aman? Ganti Kartu ATM & Credit Card Dengan ….

ADIT/RBO Pemimpin perbankan bertemu insan media menjelaskan keamanan transaksi nontunai di ATM kemarin
BERBAGI:

Transaksi Nontunai di Bengkulu Masih Sangat Aman

RBI, BENGKULU – Masyarakat Bengkulu tak perlu khawatir atas kejadian Kejahatan perbankan dengan modus skimming Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Di Bengkulu bertransaksi non tunai masih sangat aman. Jika ingin keamanan lebih, para nasabah mengganti kartu ATM dengan kartu yang memiliki chip (Pengaman Baru  Kartu ATM).

      Dalam konferensi persnya bersama pemimpin perbankan di Bengkulu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Endang Kurnia Saputra menyatakan, transaksi nontunai di Bengkulu ini masih sangat aman sekali. Pihak perbankan di Bengkulu dengan standar pengamanan banknya masing-masing telah berusaha keras melindungi nasabahnya dari kejahatan.

      “Ada fenomena kejahatan perbankan yang lagi banyak sekarang ini, modus skimming. Namun alhamdulillah di Bengkulu tidak terjadi. Saya mengimbau kepada nasabah agar kiranya dapat meminimalisir bentuk pencurian uang melalui kartu ATM ataupun credit card yang kita miliki. Pertama, caranya adanya lakukanlah transaksi di kantor induk bank. Kemudian, jagalah kerahasian PIN ATM dan mengganti Pin nya pada periode tertentu. Setelah itu jangan menggesekan kartu debet atau kartu kredit hingga dua kali ditempat pusat perbelanjaan. Karena data kita bisa terekam mesin mereka. Setelah itu jangan simpan uang di satu rekening saja. Pisahkan antara rekening untuk keperluan sehari hari dan rekening untuk menabung. Dan selanjutnya adalah bila ada yang ingin keamanan lebih dan masih memiliki ATM model lama hendaknya  mengganti ATMnya dengan ATM yang menggunakan chip,” ujarnya.

Endang menuturkan, chip yang menempel di kartu ATM berufungsi sebagai keamanan bertransaksi. Kartu debit yang menggunakan chip dinilai lebih aman dari risiko skimming yang biasanya terjadi pada kartu berteknologi magnetic stripe.

Untuk keamanan bertransaksi pembayaran secara nontunai, Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh bank untuk menggunakan kartu chip pada kartu debit yang diterbitkan dan semuanya harus selesai pada 2021 mendatang. (ae2)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven − one =