Senator Bengkulu Minta Perlindungan TKI Diperkuat

Senator Bengkulu Minta Perlindungan TKI Diperkuat

BERBAGI
Iwan/RBO Riri Damayanti John Latief S.PSi saat bersama warga masyarakat.

Riri Damayanti : Jangan Sampai TKI Sengsara

RBO >>  BENGKULU >>  Maraknya informasi kematian warga negara Indonesia (WNI) baru-baru ini yang bekerja di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  mengundang keprihatinan.

      Diantaranya Santi Restauli Simbolon asal Sumatera Utara dan Mateus Seman dan Milka Boimau asal Nusa Tenggara Timur.

      Anggota Komite III DPD RI Riri Damayanti John Latief S.PSi meminta kepada Pemerintah untuk memperkuat perlindungan atas keselamatan WNI yang bekerja di luar negeri sebagai TKI.

“Ketika UU Perlindungan TKI yang baru diterapkan, Pemerintah harusnya mulai melakukan langkah-langkah antisipasi agar nyawa TKI di luar negeri tidak sampai hilang atau dihilangkan,” ungkap Riri, kemarin.

      Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI ini menjelaskan, upaya pencegahan tersebut sedemikian penting agar persoalan penyiksaan, penganiayaan, hingga pembunuhan TKI di luar negeri tidak terjadi kembali.

      “Komunikasi bilateral antara Indonesia dengan negara-negara tujuan utama TKI harus diperkuat. Bila perlu periksa tempat kerja dimana TKI kita berada. Jangan sampai TKI kita sengsara saat diluar negeri. Cek kehidupannya, keluh kesahnya, duka citanya. Jangan menunggu hingga kabar buruk datang kepada kita,” ujar Riri.

      Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Bengkulu ini menekankan, terhadap masalah TKI, negara dituntut untuk berperan lebih.

      “Buktikan bahwa kita adalah negara yang dihormati. Karena harus kita akui bahwa ketika warga kita ke luar negeri, tandanya kita gagal menyelesaikan problem pengangguran di negeri kita sendiri,” pungkasnya.

            Untuk diketahui, Komite III DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada pendidikan, agama, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, tenaga kerja dan beberapa lingkup tugas lainnya.(idn)