Atasi Listrik Padam, Tim ROW PLN Bersihkan Jaringan

Atasi Listrik Padam, Tim ROW PLN Bersihkan Jaringan

BERBAGI
RBO/RIO Tim ROW PLN sedang persiapan untuk membersihkan dahan dan ranting yang mengganggu kabel penyulang PLN
BERBAGI:

RBO >>  BENGKULU >>  PLN Area Bengkulu berbagai solusi mengatasi listrik padam. Usaha ini dilakukan PLN Area Bengkulu dan Unit Rayonnya. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan pemangkasan/ penebangan ranting pohon yang membahayakan saluran kabel listrik (Jalur Tegangan Listrik Menengah 3 Kabel/ 20.000 KVA). Penyebab listrik padam salah satu yang paling dominan adalah gangguan pohon. Manager PT PLN (Persero) Area Bengkulu, Nova Sagita menyampaikan bahwa padamnya pasokan listrik PLN sering dijumpai karena faktor tehnis. Yakni jalur distribusi listrik PLN dimana gangguan baik pepohonan maupun binatang.

“Gangguan listrik disebabkan oleh ranting atau batang pohon yang menyentuh jaringan sebanyak 70% menjadi penyebab utama listrik padam. Data Statistik data bulan Januari, Penyulang (Saluran Kabel Listrik) mengalami padam akibat gangguan pohon sejumlah 140 kali, Februari 83 kali sampai pada tanggal 19 Maret 2018 ini sudah terjadi setidaknya 70 kali gangguan. Secara geografis, lokasi daerah yang kebanyakan kepemilikan pohon warga dan beberapa areal perkebunan cukup menyulitkan dalam melakukan program pemeliharaan jaringan PLN tersebut, “beber Manager Area PLN.

Ditambahkannya, gangguan akibat ranting pohon yang menyentuh jaringan tidak dapat diprediksi kapan waktunya dan pemulihannya pun butuh waktu lama. Karena, petugas harus menelusuri sepanjang jaringan.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 tahun 2015 Right Of Way (ROW) atau ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertical dan horizontal disekeliling dan sepanjang konduktor SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi), SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) atau SUTTAS (Saluran Udara Tegangan Arus Searah). Dimana tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia, mahkluk hidup, dan benda lainnya serta keamanan operasi jaringan SUTT,SUTET, dan SUTTAS.

Tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya menjaga pasokan listrik, namun juga demi keselamatan masyarakat dan lingkungan dari bahayanya listrik. Jarak aman jaringan kabel dengan pepohonan atau bangunan dibawahnya setidaknya lebih 3 Meter. Dalam menjalankan pembersihan jaringan listrik dari benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas pasokan listrik tersebut, PLN memiliki Tim khusus yang disebut tim ROW.

Rutinitas Tim ROW ini sambungnya, bertugas setiap hari dengan melakukan pemangkasan ranting/batang pohon, pembersihkan kawat listrik dari tali atau kerangka layang-layang, umbul-umbul dan benda lain yang berpotensi mengganggu jaringan listrik yang mengakibatkan padamnya listrik serta menjaga keselamatan masyarakat itu sendiri dari potensi akibat sengatan listrik dan kemungkinan bahaya lainnya.

Kepada masyarakat kami imbau apabila akan melakukan penebangan atau melakukan pemangkasan pohon dekat jaringan PLN, agar berkoordinasi langsung dengan Kantor PLN yang terdekat atau melalui telepon ke kontak center PLN 123; (0736) 123. (AE-4)