Soal 20 Persen Lahan HGU, Warga Kuala Lelangi Curhat ke Dewan BU

Bengkulu Utara Featured

RBO >>  ARGA MAKMUR >>  Menjelang berakhirnya Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan Perkebunan PT PG  yang sebagian wilayah HGU nya masuk di wilayah Desa Kuala Lelangi, Kecamatan Ketahun BU, kemarin beberapa perwakilan warga Desa Kuala Lelangi mendatangi Komisi II DPRD BU.

      Rombongan perwakilan warga yang terdiri dari Saherman, Sopian, Widianto dan Alwi ini kemarin diterima Ketua Komisi II DPRD BU, A.Razali dan Wakil Ketua Komisi II Edy Sanusi,ST diruang kerja mereka.

      Pada kesempatan ini perwakilan warga Desa Kuala Lelangi menjelaskan, desa mereka yang merupakan salah satu yang merupakan desa Penyangga dari Perusahaan perkebunan PT.PG   yang HGU nya  akan berakhir 2019 mendatang, namun sebagai desa penyangga masyarakat desa Kuala Lelangi belum menerima kompensasi lahan plasma sebesar 20 persen dari luas lahan HGU yang sedianya diberikan  pengelolaannya untuk desa penyagga tersebut.

      Wakil Ketua Komisi II DPRD BU Edy Sanusi,ST, menanggapi “curhat” perwakilan warga tersebut dengan memaparkan sejumlah hak dan kewajiban perusahaan terhadap desa penyangga dan ligkungan sebagaimana aturan yang seharusnya wajib ditaati oleh semua pihak. Hal senada disampaikan Ketua Komisi II DPRD BU, A.Razali, terkait lahan HGU, CSR dan kewajiban lainnya yang wajib ditaati oleh perusahaan terhadap lingkungan dan desa penyangga.    A.Razali menegaskan bahwa kehadiran rombongan ini merupakan konsultasi dan meminta kejelasan terhadap aturan yang ada dan bukan merupakan suatu pengaduan secara resmi.

      Sekretaris DPC Gerindra BU ini mengharapkan agar masyarakat dalam mendatangi Dewan BU sebagai rumah aspirasi warga untuk terus menjalani komunikasi  secara berkesinambungan. Ia berharap jangan saat ada  masalah saja warga mengadu ke dewan, namun setelah itu tak ada kabar lagi.

‘’Apakah tindaklanjut laporan mereka, apakah sudah selesai atau seperti apa akhirnya,tapi ini tak ada yang kembali lagi ke dewan untuk menyampaikan laporan mereka tersebut,’’tegas A.Razali dengan gaya berguraunya. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *