Tanya IUP, Warga Malin Deman Datangi Rumah Dinas Bupati MM

Featured Mukomuko

RBO << MUKOMUKO >>  Belasan masyarakat Kecamatan Malin Deman Mukomuko yang mayoritas Perangkat Desa kemarin mendatangi Rumah Dinas Bupati Mukomuko.

      Kedatangan masyarakat Malin deman ke kediaman Bupati ini bermaksud menanyakan Izin Usaha Perkebunan (IUP) di HGU PT inisial BBS yang saat ini dikuasai PT inisial DDP.

      Padahal menurut Kades Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Dahri Iskandar, persyaratan pengajuan IUP oleh pihak pengelola HGU PT BBS belum lengkap.

      “Desa-desa penyanggah tidak pernah memberikan rekomendasi dan persetujuan terhadap Izin Usaha Perkebunan dilahan HGU PT. BBS di wilayah kecamatan kami,” katanya.

      Selain itu juga, Dahri menyebutkan, bahwa perusahaan tersebut belum mengantongi surat pergantian komoditi di lahan PT.BBS itu dari Pemerintah Pusat.

      “Otomatis secara persyaratan pengajuan IUP itu belum lengkap syarat. Jadi, apa dasar Pemkab Mukomuko mengeluarkam IUP tersebut,” kata Kades.

      Menurutnya, IUP yang sudah dipegang oleh pihak pengelola HGU PT. BBS itu tidak sah.

      Ditambahkan salah seorang tokoh masyarakat Malin Deman, Indra Gunawan, ia menyarankan kepada Pemkab Mukomuko untuk meninjau kembali atau mencabut IUP yang sudah dikeluarkan.

      “Kita menyarankan kepada Pemkab untuk mencabut IUP itu. Karena, persyaratan tidak lengkap,” ujarnya.

      Ia juga meminta, selama IUP di HGU tersebut dikeluarkan sesuai aturan untuk tidak ada dulu aktivitas pengelolaan, baik dari warga maupun perusahaan pengelola.

      Sementara itu, saat dimintai keterangan Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH menyatakan IUP itu dikeluarkan dengan sejumlah catatan. Diantaranya adalah IUP itu berlaku setelah semua persayaratan dilengkapi.

      “Ya, IUP itu dikeluarkan beberapa waktu lalu dengan sejumlah syarat. IUP itu berlaku setelah semua syarat dilengkapi,” singkatnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *