UMB Sukses Gelar Workshop Sister

 UMB Sukses Gelar Workshop Sister

BERBAGI
Rio?RBO Rektor UMB bersama para Warek dan Dekan UMB foto bersama saat Workshop SISTER Tahun 2018
BERBAGI:

Rektor: Guna Meningkatkan Kualitas Dosen dan Kelembagaan

RBO <<  BENGKULU >>   Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) suskes menggelar workshop Pengisian Data Sistem Informasi Sumber Daya Terintergrasi (SISTER) bagi dosen bertempat di Aula Kampus IV UMB Kota Bengkulu kemarin. Acara tersebut dihadiri hampir seluruh dosen UMB.

      Aplikasi SISTER merupakan pengintegrasian layanan karir dan kompetensi dosen yang dilakukan Kemenristekdikti dalam hal Penilaian Angka Kredit (PAK) dosen maupun tenaga pendidik,  Sertifikasi Dosen (Serdos), Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) dan SKP.

      Rektor UMB, Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA dalam arahannya menyampaikan bahwa upaya dalam meningkatkan  kualitas, baik dosen, prodi maupun Institusi, dan nantinya data-data yang sudah dimasukkan oleh para dosen ke dalam aplikasi SISTER berguna sebagai pusat data yang terintegrasi. Sehingga, berguna dalam pengembangan karir dosen maupun kelembagaan.

      “Aplikasi SISTER yang dibuat oleh Kemenristekdikti dalam upaya untuk meningkatkan kualitas, baik dosen maupun kelembagaan dalam hal ini prodi dan Institusi. Aplikasi ini  mengerah kepada upaya dalam membantu dosen-dosen dalam menyimpan data-data dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan harapan nantinya aplikasi ini menjadi pusat File individu maupun kelembagaan UMB.’’

            Selain pusat data aplikasi ini  bagi dosen, lanjutnya, juga menjadi  bermanfaat dalam pengembangan karir dosen dilihat dari seberapa jauh usaha Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukannnya yang nantinya berguna untuk menggaet dana-dana penelitian, pengabdian. Sehingga nantinya cukup melihat data SISTER saja yang dilakukan oleh Kemenristekdikti.

      ‘’Nantinya validasi data yang dimasukkan oleh dosen dilakukan oleh universitas, baik prodi, institusi bahkan sampai ke jenjang Kementerian. Sehingga Juni 2018 ini semua data sudah terinput dan dibantu oleh base data Universitas untuk setiap dosen yang ada, “beber Rektor.

      Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang narasumber dari Wakil Rektor I UMB, Ir. Ririn Harini, MT dalam workshop tersebut. Ia menyatakan bahwa SISTER adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan Kemeristekdikti melalui surat edaran bagi seluruh Perguruan tinggi diwajibkan untuk melaksanakan aplikasi SISTER dan nantinya semua yang terkait dalam kualitas dosen, baik pengusulan kenaikan pangkat,serdos dan laporan dosen yang jauh lebih komprehensif.

“Aplikasi SISTER yang diluncurkan oleh Kemenristerdikti merupakan aplikasi data bagi seluruh dosen, prodi dan Institusi di setiap Perguruan Tinggi. Harapan dengan aplikasi ini akan membantu para dosen nantinya dalam pengurusan Pangkat, serdos maupun laporan penelitian dan pengabdiannya. Sehingga akan lebih efektif dan efisien. Mulai Juni 2018 semua data yang diinput oleh semua akun Dosen kedalam  Aplikasi SISTER maka dengan worshop ini nantinya apa yang menjadi kendala dan kekurangan data untuk sebagai data validasi seperti gambar maupun foto-foto kegiatan penelitian  yang  dilakukan para dosen akan dibantu dijadikan dalam bentuk format PDF, “beber Warek I.(Ae-4)