FK RT/RW Desak BOP Cair Serentak, Rp 1,5 Juta Per RT

FK RT/RW Desak BOP Cair Serentak, Rp 1,5 Juta Per RT

BERBAGI
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Rena Anggraini, SP
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Sebanyak 1.517 ketua RT dan RW se Kota Bengkulu mendesak pencairan Bantuan Operasional (BOP) sebesar Rp 500 ribu perbulan. Sebab sejak Januari 2018 hingga kini belum dicairkan Kecamatan dan Kelurahan.

 “Sudah sejak satu, dua minggu lalu beberapa daerah kecamatan cair BOP untuk para Ketua RT dan RW. Akan tetapi sekarang masih ada beberapa daerah seperti Kecamatan Teluk Segara, Kecamatan Kampung Melayu yang belum cair BOP nya, juga di beberapa Kelurahan seperti Sidomulyo juga belum cair. Sementara rekan-rekan para Ketua RT/RW di daerah lainnya sudah cair. Kami mempertanyakan hal itu, kenapa kok ada yang cepat dan ada yang terhambat pencairannya. Sebab itu, saya atas nama Forum Komunikasi (FK) RT/RW Kota Bengkulu meminta pada pihak-pihak terkait, baik pihak kecamatan maupun kelurahan agar segera mencairkan BOP untuk rekan-rekan kami tersebut,” ungkap Ketua FK RT/RW Kota Bengkulu, Drs Dharma Setiawan SH, Kamis (12/4).

      Dijelaskan Iwan Kadar – panggilannya– dengan adanya kejadian ini, maka FK RT/RW ada dua permintaan. Pertama, pencairan BOP harus tepat waktu dan dicairkan serentak. Yang kedua, para Camat saat mengusulkan ke Walikota juga harus cepat. Jangan lambat.

“Kalau sekarang saat pencairan perbedaannya sangat mencolok. Kecamatan Ratu Samban sudah dibayar pada bulan Maret, dan di Kecamatan lain sampai sekarang ada yang belum pencairan. Nah, ini membuat resah para Ketua RT dan RW. Sebab itu kami rasa perlu serentak. Kalaupun tersendat, jangan terlalu jauh jaraknya dengan pencairan daerah lain. Kemudian untuk BOP ini, memang sudah semestinya dicairkan setiap tiga bulan sekali. Jangan sampai enam bulan. Sebab nanti menghambat kinerja para Ketua RT/RW jika terlalu lama. Kita juga kan perlu untuk membeli ATK ataupun memperbanyak blangko yang dibutuhkan warga,” jelasnya.

      Sementara itu, dari Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Rena Anggraini SP mendengarkan keluhan para tokoh masyarakat seperti yang disampaikan Ketua FK RT/RW. Dia sangat menyayangkan kenapa bisa terjadi demikian. Sebab itu, politisi perempuan PKS Kota Bengkulu ini menegaskan dia mendesak pada para Camat dan Lurah untuk segera mencairkan dana BOP seluruh Ketua RT/RW tersebut. “Kami sudah menganggarkan untuk BOP tersebut naik menjadi Rp 500 ribu perbulan mulai Bulan Januari tahun ini. Dan itu sudah menjadi hak bagi para Ketua RT dan RW sebagai tanda terima kasih pemerintah mereka telah membantu untuk setiap urusan warga di lingkungannya. Sebab itu, saya selaku Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu mendesak agar para Camat dan Lurah segera mencairkan BOP bagi daerah yang belum cair,” tegasnya. (idn)