Ini Nama Lima Panelis Debat Kandidat Pilwakot

Ini Nama Lima Panelis Debat Kandidat Pilwakot

Iwan /RBO Darlinsyah, Ketua KPU Kota Bengkulu
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu sudah menyiapkan lima panelis atau pemateri dalam kegiatan debat kandidat yang dimulai pada Sabtu (28/04) mendatang. Hal ini diungkapkan  Ketua KPU Kota Bengkulu, Darliansyah ke Harian RADAR BENGKULU kemarin, Senin (16/04).

       Para panelis itu, lanjutnya, merupakan pemateri yang berkompeten dalam debat kandidat nantinya. Lima pemateri tersebut adalah Prof Dr Agr Ir Johan yang merupakan Rektor Dehasen, DR Susiyanto, M.Si merupakan Dekan UMB, Dr H Zulkarnain Dali, Wakil Rektor I IAIN, DR Retno Agustina merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB dan Dr Henny Apriyanty, M.Si, dosen Unihaz Bengkulu.

      “Ada lima pemateri ini. Kita sudah menyusun pemateri dalam debat paslon yang akan diselenggarakan pada 28 April, 9 Mei hingga tanggal 21 Juni. Untuk debat perdana ini kita sudah mengirimkan ke pihak terkait. Mereka merupakan pemberi materi yang berkompenten. Kita akan berikan sepenuhnya kepada pemateri, dalam kegiatan debat ini. Dikarenakan ada beberapa tema, untuk perdana ada 2 atau 3 tema. Intinya mereka salah satunya indensi, netral dan profesional dalam menyusun pertanyaan nantinya. Untuk moderatornya sendiri, sudah kami pilih yakni  Faizal Anwar yang merupakan Dosen Fisip. Beliau sudah berpengalaman pada debat Pilbup Bengkulu Tengah kemarin,” ujarnya.

      Sementara itu, untuk debat kedua pihak KPU Kota Bengkulu berencana akan memilih Rektor Unihaz,  Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si sebagai moderator.

      Lanjut Darliansyah, dengan adanya debat ini diharapkan para paslon dapat langsung menyampaikan program kerja utama dalam menjalankan roda kepemerintahan nantinya. “Didebat ini kita menginginkan, paslon menyampaikan kompetensinya, program kerja mereka itu. Ini akan dilihat dan ditonton, sehingga masyarakat bisa melihat hasil debat nantinya. Sehingga masyarakat dapat menjatuhkan pemilihan dengan rasional,” tambahnya.

      Untuk massa pendukung yang mendatangi kegiatan debat nantinya akan dibatasi. Para paslon hanya boleh membawa maksimal 50 orang, saat kegiatan berlangsung nantinya. “Setiap paslon juga kita sampaikan saat berdebat nantinya, silakan membawa keluarga atau dari partai dengan catatan membawa massa maksimal 50 orang yang masuk kedalam nantinya. Kita juga akan kedatangan dari KPU Sumsel. Selain itu ada KPU Kota Gorontalo yang ingin melihat debat nantinya. Pastinya kita akan siapkan menarik mungkin, bahwa debat ini sebagai proses ekspolitasi daripada kompentensi para paslon. Untuk lokasi belum kita tentukan, karena kapisitas sebanyak 500 orang,” imbuhnya. (CW1)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine + eight =