M Saleh: TKA Harus Berkeahlian Khusus

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi Politik

Seharusnya Ada Keberpihakan Untuk Rakyat Sendiri

RBO, BENGKULU – Anggota DPD RI H. Muhammad Saleh, SE mengharapkan Peraturan Presiden soal tenaga kerja asing seharusnya hanya membuka pintu bagi yang berkeahlian yang sangat khusus. “Kalau tidak, dan ternyata memiliki celah untuk tenaga ahli dan pekerja biasa, seharusnya peraturan ini perlu dikaji ulang kembali,” ungkap M Saleh saat ditanyai bertepatan dengan hari buruh, Selasa (1/5).

       Tenaga ahli dan pekerja buruh di Indonesia sudah banyak sekali. Bahkan banyak lulusan, baik tingkat menengah atas maupun sarjana yang masih menunggu kesempatan kerja.

“Kalau keahlian yang dibutuhkan sulit ditemukan di Indonesia. Nah, ini baru tak apa tenaga kerja asing. Seharusnya ada keberpihakan pada rakyat sendiri,” katanya.

      Melalui hari buruh yang diperingati pada 1 Mei ini,  senator asal Bengkulu itu berharap pemerintah dapat mengkaji ulang aturan tersebut. Tepatnya kata dia memperbaiki agar tidak ada celah aturan yang dapat dimanfaatkan untuk masuknya tenaga kerja asing yang ternyata nantinya menjadi buruh biasa. Soal kesejahteraan buruh, kata dia, tentu juga harus menjadi perhatian penting. Dimana harus ada keseimbangan hak dan kewajiban.

“Saya yakin bahwa perusahaan ingin memberikan gaji yang besar. Semakin besar tentunya merupakan kebanggaan perusahaan. Sayangnya kemampuan perusahaan juga memiliki batasan. Perlu ada kesepakatan bersama tentang ini,” ujarnya.

      Yang terpenting peluang untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar bagi rakyat Indonesia dan hak-hak pokok buruh hendaknya dapat terpenuhi dengan baik. “Yang paling penting peluang untuk mendapatkan pekerjaan bagi rakyat dapat terpenuhi,” pungkas M Saleh. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *