Kehutanan Tanami Lahan Sawit Eks PT.DDP Dengan Tanaman Hutan

Featured Lingkungan Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Setelah tanaman kelapa sawit di lahan eks PT. DDP yang berada di Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh ditumbangkan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, lahan seluas 371 hektare yang masuk dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) itu akan kembali ditanami tanaman hutan. Hal ini disampaikan Plt Kepala Kuasa Pengelola Hutan (KPH) Unit Mukomuko, Ir.Bakhdal kemarin.

      “Setelah ditebang akan diupayakan kita tanami dengan tanaman hutan jenis kayu-kayuan,” katanya.

      Katanya, kelapa sawit bukan jenis tanaman hutan dan dilarang ditanami di HPT.

      Dijelaskannya, lahan HPT seluas 371 hektar yang sudah terlanjur ditanami sawit dulunya merupakan Hak Guna Usaha (HGU) PT. DDP. Setelah diketahui lahan tersebut bagian dari kawasan HPT, pihak berusahaan mengembalikan ke Negara beberapa tahun silam.

Katanya, lantaran tidak ada regulasi atau payung hukum pengelolaan lahan tersebut oleh lembaga, kelompok tani dan atau masyarakat, DLHK memutuskan mengeksekusi atau menumbangkan seluruh tanaman kelapa sawit yang tumbuh di kawasan lahan eks PT. DDP tersebut.

“Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, payung hukum untuk pengelolaan lahan itu diserahkan oleh kelompok atau lembaga seperti kelompok tani untuk memanfaatkan kelapa sawit yang sudah terlanjur ditanam itu tidak ada, jadi diputuskan di tumbangkan semua. Selanjutnya akan ditanami kembali dengan tanaman hutan. Selama ini juga sebagian lahan disela sawit sudah ditanami tanaman hutan,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *