Ternak Masih Berkeliaran, Satpol PP Diminta Tegas

Ternak Masih Berkeliaran, Satpol PP Diminta Tegas

BERBAGI
AGUS/RBO - Perda ternak tak berjalan dengan baik. Terlihat hewan ternak masih berkeliaran dengan bebas di jalan raya Bengkulu Tengah. Sangat membahayakan para pengendara pengguna jalan.
BERBAGI:

RBO, BENTENG – Salah satu tokoh pemuda Kabupaten Benteng, Verizal,SE mengemukakan, Peraturan Daerah (Perda) tentang ternak belum efektif. Dikarenakan masih banyak ternak yang berkeliaran diwilayah itu.

“Masyarakat di Benteng masih terlihat mengabaikan perda ternak. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya ternak-ternak yang masih bebas berkeliaran. Seperti dijalan lintas provinsi dan terkadang berkeliaran bebas diareal pasar tradisional,” bebernya.

Menurut dia, penerapan perda ternak ini lemah akibat komitmen Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjalankan peraturan ini masih setengah hati.

“Mestinya, Dinas Satpol PP Benteng mengambil langkah tegas untuk menertibkan ternak yang berkeliaran bebas itu. Jika hal ini dilakukan, maka saya rasa para peternak akan semakin sadar untuk tidak membiarkan ternak mereka berkeliaran,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, Dinas Satpol PP Benteng harus segera melakukan penertiban ternak yang berkeliaran.

“Minimal bagi warga yang melanggar perda dapat diberikan efek jera dengan memberikan sanksi yang tegas,” kata dia.

Ia mengatakan, jika ternak masih berkeliaran bebas, maka daerah ini akan tampak terkesan jorok akibat kotoran ternak disembarang tempat.

“Ini sebenarnya persoalan kecil. Namun, hal kecil ini tak boleh kita abaikan. Karena akan menjadi kebiasaan bagi masyarakat untuk tidak merawat ternak mereka. Selain menimbulkan kesan jorok akibat kotoran ternak, tetapi juga merusak tanaman milik masyarakat didaerah ini. Jika ternak merusak tanaman masyarakat, maka bisa jadi dampaknya menimbulkan pertentangan antara petani dan peternak,” tutupnya. (ags)