KPPS Jangan Salah Pungut Hitung

KPPS Jangan Salah Pungut Hitung

BERBAGI
BERBAGI:

Zaini : Jaga Netralitas dan Integritas

RBO, BENGKULU – Pihak penyelenggara pemilu KPU Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) terhadap 622 KPPS seKota Bengkulu mulai tanggal 26 Mei sampai dengan tanggal 7 Juni 2018. Dalam sambutannya ketika membuka Bimtek Plh Ketua KPU Kota Bengkulu Zaini S.Ag menekankan,  hendaknya KPPS jangan sampai keliru serta salah dalam melaksanakan pungut hitung saat pelaksanaan Pilwakot nanti. “Kegiatan kita hari ini, lebih pada penjelasan tekhnis penghitungan suara. Jadi jangan salah hitung. Jangan salah jumlah. Jangan salah menempatkan. Jaga netralitas, integritas sebagai penyelenggara. Jangan jadi masalah diujung nanti,” pesan Zaini, kemarin (27/5).

      Selain itu, setelah mengikuti Bimtek, hendaknya para KPPS dapat memahami tugas dan kewajibannya masing-masing. “Mohon kiranya setelah Bimtek ini bisa diulangi kembali dibaca lagi agar paham dalam melaksanakan  pungut hitung pada tanggal 27 Juni nanti,” terang Zaini.

      Sementara itu, dari anggota Divisi SDM KPU Kota Bengkulu yang menjadi pemateri Bimtek, M Alim MS, S.Sos menjelaskan, pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018 dimulai pada pagi hari mulai pukul 07.00 WIB dan pemungutan suara ditutup hingga pukul 13.00 WIB.

      “Untuk pemilih khusus tambahan itu dilakukan pemungutan suara mulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Dan sebelum dimulai pemungutan suara, ketua KPPS akan menyumpah anggotanya terlebih dahulu,” terang Alim.

      Adapun dari Sekretaris KPU Kota Bengkulu, Zahyochi SH, MH dia menambahkan untuk honor KPPS ada ketentuan dan pajaknya. “Ini biasanya yang sering jadi pertanyaan. Agar semuanya tahu, untuk honor KPPS, Ketua Rp 500 ribu, anggota KPPS Rp 450 ribu, hansip Linmas Rp 350 ribu. Dan biaya pembuatan TPS, untuk tenda, sewa kursi, sound sistem dan yang lainnya satu TPS Rp 1.150.000,” kata Zahyochi. (idn)