Harga Ketetapan TBS Rp 1.328, Mayoritas Pabrik Beli Dibawah Rp 1.300

Ekonomi & Bisnis Featured Mukomuko Pertanian

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Bidang Perkebunan Dinas Pertanian telah menerima harga ketetapan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dari Tim Perumus Pemerintah Provinsi Bengkulu.

      Disampaikan Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudiyanto, bulan ini Tim Perumus menetapkan untuk harga TBS se Provinsi Bengkulu sebesar Rp 1.328 per kg dengan toleransi sebesar 5 persen.

“Harga ketetapan ini turun dari harga ketetapan sebelumnya, yakni sebesar Rp 1.340 per kg,” sebutnya.

Katanya, saat ini mayoritas pabrik CPO di Mukomuko membeli TBS petani dengan harga dibawah Rp 1.300. Hanya sekitar 2 Pabrik yang masih membeli sawit petani diatas Rp 1.300.

“Pabrik yang masih membeli sawit petani diatas Rp 1.300 sekitar 2 pabrik yakni PT. SAP diharga Rp 1.310 dan PT.BMK Rp 1.380,” urainya.

Ia berharap, semua pabrik di Mukomuko yang membeli TBS milik petani untuk mengikuti harga ketetapan Tim Perumus dalam menentukan harga beli.

Jelasnya, dari harga yang ditetapkan Rp 1.328  ada toleransi sebesar 5 persen. Jika digunakan harga TBS di pabrik sebesar Rp 1.262 per kg.

“Toleransi 5 persen itu sekitar Rp 66. Kalau kita kurangi dengan harga ketetapan tinggal sebesar Rp 1.262. Tapi kita berharap pabrik bisa membeli TBS petani sesuai dengan harga ketetapan,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *