Nilai Pancasila Mulai Terkikis,  Senator Ajak Amalkan dengan Seksama

Featured Nasional Pemda Provinsi Politik

RBO,  BENGKULU – Nilai-nilai pancasila disebut sudah mulai terkikis pada sejumlah produk hukum yang telah dihasilkan. Ini disampaikan, Prof. Herlambang yang menjadi salah satu nara sumber dialog publik nilai Pancasila dalam memperingati hari lahir Pancasila, yang dihadiri anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi, SH, MH, Jumat (1/6).

“Tidak sedikit sekarang ini produk hukum. Seperti halnya Peraturan Daerah (Perda) yang terkesan tidak lagi berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Sehingga menyebabkan pada saat implementasi Perda itu, menjadi tak seimbang atau timpang,” ungkap Herlambang dalam diskusi publik yang dipusatkan di Rumah Pengasingan Bung Karno, Kota Bengkulu.

Menurutnya, dengan kondisi ini tentu saja subtansi Pancasila harus ditumbuhkan lagi. Supaya disaat pembuatan produk hukum, tetap menanamkan nilai-nilai Pancasila. “Disamping itu, penting diperhatikan sekarang ini nilai-nilai Pancasila mulai tergerus dizaman generasi milenial seperti saat ini. Artinya, harus ada sikap konkrit agar nilai Pancasila itu tidak benar-benar menghilang,” kata Herlambang.

      Sementara itu, Ahmad Kanedi menyampaikan, nilai-nilai Pancasila merupakan juga nilai kebangsaan yang begitu dahsyat. Karena menyangkut martabat bangsa. “Jadi memang harus dijaga, supaya kedepan nilai Pancasila tetap tertanam pada generasi penerus bangsa,” ujar pria yang akrab disapa Bang Ken ini.

      Lebih jauh dikatakannya, khusus di Provinsi Bengkulu nilai-nilai Pancasila ini tetap harus ditanamkan. Sehingga generasi penerus di Bengkulu ini nantinya, tetap memiliki semangat Pancasila. “Dengan memiliki semangat itu, tentu saja anak kita tetap nantinya punya jati diri. Jadi memang pendidikan terkait Pancasila itu penting,” tutupnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *