Eksis dan Konsisten, Ketua IWAPI Bengkulu Terima Penghargaan AWEN

Ekonomi & Bisnis Featured Kota Bengkulu Nasional Peristiwa

Trisna Anggraini : Penghargaan Internasional Tingkat ASEAN

RBO, BENGKULU – Dalam pertengahan tahun 2018 ini, salah seorang perempuan yang juga putri daerah asli Bengkulu, Trisna Anggraini SP mendapat penghargaan bergengsi. Yaitu AWEN (ASEAN WOMEN ENTREPRENEURS AWARD) 2018 dengan kriteria With Great Recognition And Appreciation di Bangkok Thailand belum lama ini.

       “Saya yang pertama mengucapkan alhamdulillah. Sebab Bengkulu bisa dinilai oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Ibu dan Anak dengan diberikannya penghargaan AWEN ini. Dimana se-Indonesia hanya 10 orang perempuan terpilih dan mendapatkan penghargaan tingkat internasional tersebut,” ungkap Trisna Anggraini saat ditemui, Minggu (10/6).

      Adapun kenapa hingga ia bersama sembilan perempuan hebat lainnya terpilih mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung di Bangkok Thailand itu, pertama, pihak kementerian melihat dan menilai berdasarkan fokus terhadap apapun kerja yang dilakukan menyangkut mengenai produk muatan lokal yang ada di Provinsi masing-masing. “Kalau kita memang sudah fokus, sudah pernah enggak ini di publikasikan, baik secara lokal, maupun nasional, oleh media cetak, media elektronik dan yang lainnya. Kemudian pernahkan kita memenuhi standarisasi dalam ISO, dalam ketenagakerjaan, bahan baku yang digunakan ramah lingkungan atau tidak. Itu semua jadi penilaiannya, juga bagaimana hak-hak para pekerja, baik sebagai single parents atau ibu dari anak-anak, apakah sudah mendapatkan haknya dengan porsi yang sama atau belum. Itu semua jadi tolok ukur penilaian dalam didapatnya penghargaan AWEN ini,” jelasnya.

      Kemudian penilaian lainnya juga dilihat berdasarkan sosial. Apakah sosok itu cukup mempunyai toleransi sosial terhadap warga masyarakat dilingkungannya atau tidak. “Sosial terhadap lingkungan sekitar, sosial organisasi juga pihak lainnya. Sebelum terpilih 10 perempuan mewakili Indonesia di ajang AWEN itu, saya sendiri juga tidak tahu ada berapa yang masuk penilaian seleksi sebelumnya. Hanya saja setahu saya selain saya sebagai Ketua IWAPI Bengkulu juga ada tiga Ketua IWAPI dari daerah lainnya. Yaitu dari DIY, Jawa Timur dan Papua, dan mungkin juga penilaiannya karena eksistensi serta konsistensi IWAPI Bengkulu selama ini. Dengan penghargaan ini membuktikan bahwa kita mampu untuk berprestasi dan membawa nama harum untuk daerah kita Bengkulu khususnya. Sebab itu, kita sebagai kaum perempuan, ibu-ibu khususnya jangan selalu bergantung pada usaha suami. Kita harus mampu mandiri dan berdikari lewat usaha yang kita bangun secara baik,” pungkas Ketua DPD IWAPI Bengkulu tersebut. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *