Masih Banyak Sampel Dukungan Tak Ditemukan

Featured Nasional Pemda Provinsi Politik

Irwan Saputra: Merugikan Balon,  Bisa Jadi TMS

RBO,  BENGKULU – Verifikasi Faktual (Vertual)  oleh KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu terhadap sampel dukungan kandidat Balon senator anggota DPD RI,  masih banyak sampel dukungan tidak ditemukan.  Ini bisa berakibat fatal.

 “Untuk Kota Bengkulu dari 748 total data yang diturunkan oleh KPU Provinsi untuk sampel dukungan 14 Balon DPD.  Sebanyak 139 sampel masih belum ditemukan.  Sebab itu,   sudah kami sampaikan pada masing-masing LO atau tim penghubung Balon agar memfasilitasi supaya sampel tersebut bisa ditemukan,” ungkap anggota Divisi Hukum KPU Kota Bengkulu, Deby Harianto S. Sos.

       Dijelaskan Deby,  Untuk sampel yang belum ditemukan ini,  ada dua metode yang bisa dilakukan. Pertama LO Balon DPD mengumpulkan di satu titik kumpul. Kemudian menyampaikan surat ke KPU terkait dimana lokasi dan kapan waktu kumpulnya. Kemudian tim Pokja KPU bersama Panwas yang datang ke lokasi tersebut. Metode kedua,  LO membawa sampel ke sekretariat KPU.

“Yang kedua LO mendatangkan sampel ke sekretariat KPU untuk dilakukan Vertual.  Kemudian bagi sampel yang berada diluar Kota Bengkulu, maka bisa dilakukan teleconference atau video call.  Dan untuk pelaksanaan ini, harapan kita dibawah tanggal 15 dapat dilaksanakan.  Karena kita tahu bahwa akan ada lebaran Idul Fitri.  Namun kapanpun sebelum tanggal 19 Juni kami siap melaksanakan Vertual,” tukas Deby.

       Sebelumnya,  Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S. Ag,  MM pernah mengatakan masih banyak kandidat Balon DPD yang belum melaporkan LO nya di kabupaten/kota, sehingga hal ini dapat merugikan Balon. Sebab menyulitkan akses komunikasi antara penyelenggara dengan bakal calon.

“Nanti komunikasinya terputus.  Dengan tidak adanya LO di daerah kabupaten/kota, dampaknya nanti merugikan bakal calon sendiri.  Sebab dari sampel yang tidak ditemukan,  jika hingga batas akhir tetap tidak ditemukan atau tidak bisa dihadirkan,  maka dukungan tersebut bisa menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” tambahnya.  (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *