Bulan Juli Pendaftaran Bacaleg di Mulai, Minimal Berusia 21 Tahun

Bulan Juli Pendaftaran Bacaleg di Mulai, Minimal Berusia 21 Tahun

Ketua KPU Provinsi Bengkulu - Irwan Syaputra
BERBAGI:

RBO,  BENGKULU – Selain masih terus melakukan proses verifikasi faktual terhadap dukungan Balon anggota DPD RI, pihak penyelenggara pemilu KPU Provinsi Bengkulu mengungkapkan,  mereka juga akan mulai melakukan tahap pendaftaran Bacaleg pada awal bulan Juli mendatang.

        “Untuk Pileg,  mulai tanggal 4 hingga 17 Juli,  kami akan membuka pendaftaran Caleg untuk organisasi Partai Politik. Dan salah satu syarat menjadi Caleg itu seperti usia minimal 21 tahun,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S. Ag,  MM kepada Radar Bengkulu kemarin.

       Adapun dalam proses pendaftaran Bacaleg nanti yang harus dipersiapkan oleh Parpol, lanjutnya, ada dua.  Pertama, syarat calon.  Kedua, dokumen kelengkapan administrasi partai. “Nanti kita ada proses verifikasi berjenjang untuk pendaftaran Bacaleg tersebut.  Syarat calon itu secara umum,  syarat sebagai  kandidat selain usia minimal 21 tahun,  juga tidak melakukan perbuatan tercela dan setia pada Pancasila. Kemudian Parpol membuat daftar Bacalegnya. Nanti dari daftar itu akan kita lihat.  Jika terpenuhi syarat, maka daftar bakal calon itu bisa ditetapkan menjadi DCS,” terangnya.

       Kemudian dari proses pendaftaran Bacaleg nanti,  juga ada syarat 30 persen kuota calon perempuan.  “Kita akan lihat dari daftar yng diserahkan Parpol apakah terpenuhi kuota 30 persen perempuannya?  Kalau belum terpenuhi maka akan kita kembalikan untuk dilakukan perbaikan. Pada prinsipnya masing-masing parpol menyerahkan daftar bacalegnya itu nanti 100 persen dari jumlah kursi,” jelas Irwan.

       Untuk proses pendaftaran Bacaleg ini sebelumnya diketahui ada 16 Parpol yang menjadi peserta.  “Nanti untuk pendaftaran prosesnya berjenjang.  Untuk legislatif tingkat II akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota, tingkat I oleh KPU Provinsi dan untuk DPR RI dilakukan oleh Parpol tingkat pusat di KPU RI,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × two =