Para Pungli Lapak Jualan Ditangkap

Para Pungli Lapak Jualan Ditangkap

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Coki Manurung
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH, M.Hum melalui Kabid Humas AKBP Sudarno S.Sos, MH menegaskan selama lebaran idul fitri 1439 mendatang masyarakat jangan melakukan Pungutan Liar (Pungli) lapak jualan di beberpa kawasan wisata yang ada di Kota Bengkulu. Jika ada laporan dari masyarakat kemudian terbukti ada pihak yang melakukan Pungli maka tim Saber Pungli dari pihak kepolisian dan Pemerintah Daerah (Pemda) akan melakukan penindakan dengan tegas.

      “Satgas Pungli inikan ada dari Polri dan juga ada dari Pemda setempat. Kalau kita mendapat laporan dari masyarakat dan terbukti adanya Pungli lapak untuk tempat jualan itu kita akan melakukan penindakan secara tegas terhadap para pelaku,” pungkas Sudarno.

Dikatakan Sudarno, untuk pungutan lapak berjualan di kawasan wisata itu, sebenarnya sudah ada aturan dari Pemda setempat. Jadi, tidak diperbolehkan lagi oknum masyarakat memperjual belikan lapak kepada pedagang yang tidak sesuai dengan perda. Berdasarkan Perda yang sudah ditetapkan di Kota Bengkulu ini sewa lapak itu Rp 1.000 permeter, kalau pedagang memanfaatkan lapak seluas 4 meter berarti perharinya mereka harus membayar Rp 4000.

      “Sekarang inikan sudah ada panitia juru pungut yang dibentuk oleh Pemerintah Kota bengkulu. Jadi, panitia yang memungut biaya lapak tersebut harus sesuai dengan Perda yang sudah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya.

Selain dari itu, ia juga mengimbau kepada panitia yang memungut sewa lapak itu harus sesuai dengan Perda yang sudah ditetapkan, dan jangan memungut luar dari Perda yang sudah ditetapkan. Selain dari itu, kepada panitia juga dituntut untuk melakukan pengawasan di lapangan. Dengan demikian masyarakat yang berjualan di tempat tersebut merasa aman tidak dirugikan. Jika aturan ini berjalan dengan baik, secara tidak langsung ekonomi masyarakat juga berjalan dengan baik.

      “Panitia yang sudah dibentuk selain melakukan pemungutan mereka juga harus melakukan pengawasan, dan jangan sampai ada oknum masyarakat lain yang ikut memungut sewa lapak kepada pedagang. Yang jelas kita dari Polri dipastikan turun langsung ke lapangan untuk memantau harga sewa lapak selama lebaran ini,”demikian ucapnya.(ide)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

17 − seven =