2.436 Polri-TNI Bersinergi Amankan Pilwakot

2.436 Polri-TNI Bersinergi Amankan Pilwakot

Ronal - Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno, S.Ik
BERBAGI:

RBO, BENGKULU – Kendati personel TNI dan Polri memberikan pengamanan yang eksra kepada masyarakat mulai dari arus mudik hingga lebaran mendatang, namun untuk pengamanan Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 27 Juni mendatang personel TNI dan Polri tetap siap dan siaga. Hal itu dikatakan Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH,M.Hum melalui Kabid Humas AKBP Sudarno S.Sos, MH personel khusus untuk pengamanan Pilwakot sudah dilatih sejak jauh hari, dan kapan Pilwakot dimulai personel sudah siap.

      “Sebentar lagi Pilwakot Bengkulu sebentar lagi mulai ya. Jadi, untuk pengamanan anggota dari Polri dipastikan sudah siap. Persiapan itu sudah dilakukan mulai dari latihan Sispam Kota, dalam pengamanan itu TNI dan Polri juga bersinegritas,” kata Sudarno Rabu,(13/6).

Dikatakan Sudarno, dari jumlah personel yang diterjunkan untuk pengamanan lebaran ini sama sekali tidak mempengaruhi pengamanan Pilwakot 27 Juni mendatang. Selain dari personel Polda Bengkulu dan jajaran juga sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mengantsipasi terjadinya konflik sosial, tindakan anarkis, dan parkatik money politics dalam Pilwakot Bengkulu mendatang.

      “Ya, semuanya sudah siap, baik itu personel maupun sarana dan prasarana semuanya sudah dikategorikan siap untuk memberikan pengamanan. Sehingga Pilwakot Bengkulu nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa ada bentrok dan masalah lainnya,” kata dia.

Masih dikatakan Sudarno, dalam pengamanan Pilwakot Bengkulu setidaknya ada sekitar 2.436 personel keamanankan yang dikerahkan untuk memberikan pengamanan. Dengan rincian personel dari Polda Bengkulu dan jajaran diperkirakan sekitar 887 orang, 150 personel dari TNI dan 1.399 personel Linmas. Dengan jumlah personil yang disiapkan itu 677 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kota Bengkulu akan dijaga ketat. Salah satu yang dapat menunjukkan bahwa personel siap untuk mengamankan Pilwakot ini, simulasi upaya untuk mengantisipasi kejadian demonstrasi juga sudah digelar di Sport Center pantai panjang pada awal Januari 2018 lalu.

      “Dari sekian personel yang dikerahkan kita harap tahapan Pilwakot Bengkulu 2018 ini dapat berjalan dengan lancar dan bersih. Tanpa ada tindakan yang tidak kita inginkan,” demikian kata dia.(ide)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty − nine =