Dorong Kepahiang  Sentra Bibit Kopi

Dorong Kepahiang  Sentra Bibit Kopi

BERBAGI
Ilustrasi
BERBAGI:

RBO, KEPAHIANG– Wakil Ketua I DPRD Kepahiang, Andrean Defandra, SE mendorong Kepahiang menjadi kawasan sentra bibit kopi, dengan demikian maka Kepahiang tidak hanya sebagai sentra penghasil namun juga menjadi sentra bibit yang diharapkan bisa mensuply kebutuhan nasional.

“Kami mengapresiasi Dinas Pertanian sudah menerapkan program kopi sambung, namun ada baiknya juga bila Dinas Pertanian juga mulai melirik sebagai sentra bibit. Apalagi komoditas ini menjadi salah satu andalan Kepahiang,” ungkap politisi Golkar ini.

Dia menjelaskan kopi Kepahiang sudah beberapa kali mewakili provinsi dalam pameran pertanian. Selain itu, beberapa kawasan merupakan penghasil kopi terbesar di Bengkulu.

“Kita sudah memiliki modal utama yakni hasil panen yang bagus, lahan yang cocok untuk kopi, nah ada baiknya kita mulai melirik produksi bibit. Teknisnya nanti silakan berkoordinasi dengan Kementerian dan lembaga penelitian untuk sertifikasi bibit,” ungkap Andrean.

Dia juga optimis bila Bumi Sehasen memproduksi bibit kopi maka bisa memenuhi kebutuhan nasional, apalagi kawasan Kepahiang masih sangat potensial diolah menjadi kawasan pembibitan. Dia juga menjelaskan banyak sistem yang bisa diterapkan oleh Pemkab dalam melakukan program itu. Bisa diolah langsung pemerintah atau melalui kemitraan dengan masyarakat.(tan)