Warga Minta 2 Bangunan Sekolah Terbengkalai di Fungsikan Kembali

Warga Minta 2 Bangunan Sekolah Terbengkalai di Fungsikan Kembali

BERBAGI
AGUS/ RBO - Bangunan Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang tinggal kenangan. Sekolah ini tercatat sebagai salah satu sekolah agama tertua di Kabupaten Benteng.

RBO, BENTENG – Untuk membangun suatu aset baru saja pemerintah, baik pusat maupun daerah terkadang sangat kesulitan. Karena terkendala masalah keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Sebab, untuk membuat aset baru berupa gedung membutuhkan dana ratusan juta hingga miliaran rupiah. Atas kondisi ini, seharusnya aset yang sudah ada harus dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Seperti terhadap sebuah sekolah Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan sekolah SMK yang terdapat di Desa Karang Tengah, Kecamatan Taba Penanjung ini. Kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, bagian atap, kusen dan pintunya sudah mengalami kerusakan hampir 80 persen. Tak hanya itu, bagian dinding gedung juga sudah dipenuhi semak belukar dan lumut.

Menurut warga Desa Karang Tengah, Baharudin (50), bangunan Pesantren dan SMK ini sudah sekitar 6 tahun lalu sudah tidak difungsikan lagi. Penyebabnya masih simpang siur, ada yang mengatakan bahwa karena tidak ada siswanya. adapula yang mengatakan karena tidak dikelola secara maksimal.

Baharudin berharap kedepan melalui Pemkab Benteng, agar sekolah yang terbengkalai ini kembali bisa difungsikan. Soalnya, sekolah di Desa Karang Tengah masih sangat terbatas. Padahal, siswa yang akan bersekolah di desa itu sangat banyak.

“Coba difungsikan lagi sekolahnya, mungkin akan banyak bisa menampung siswa, daripada seperti sekarang, sangat usang dan tak terurus,” harapnya.

Dibagian lain, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh RBI, Pondok Pesantren Bahrul Ulum tercatat merupakan salah satu sekolah agama tertua di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Serta dikenal pula sebagai sekolah pencetak Qori dan Qori’ah handal serta berkualitas dari Kabupaten Benteng pada masa-masa jayanya dahulu. (ags)