Warga Seluma Minta Pemkab Tidak Persulit Investor

Featured Seluma

RBO << SELUMA >>  Rencana kedatangan investor dari China yang akan membangun pabrik karet di Seluma disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Seluma. Hal ini dikarenakan, sebagian besar masyarakat di Seluma menggantungkan ekonomi dari komoditas perkebunan karet.

“Kami sangat berharap keberadaan pabrik benar-benar serius. Karena selama ini harga karet di Seluma selalu dipermainkan tengkulak,” kata Sonaji (65) warga Desa Padang Kuas Kecamatan Sukaraja, kepada radarbengkulu.online.com Selasa (19/6).

Selain itu, warga berharap agar pemerintah Kabupaten Seluma tidak mempersulit atau menghambat rencana pembangunan pabrik karet.

“Rencana itu, selain membantu ekonomi petani karet, juga membuka peluang lapangan kerja baru,” kata Bambang Sutrisno, (63) warga Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan.

Sebelumnya, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Seluma Drs. Mahwan Jayadi mengungkapkan, pabrik karet rencananya akan dibangun oleh PT Amguang Education dari China. “Dari catatan yang ada, setidaknya ada sekitar 25 ribu hektar luas perkebunan karet masyarakat di Seluma,” kata Mahwan.

Ditambahkannya,  Investor tersebut hanya akan membangun pabrik dan mengandalkan produksi karet masyarakat. “Hal inilah yang saat ini masih menjadi kendala. Sebab berdasarkan Permen yang baru ini, investor bidang perkebunan harus memiliki kebun sendiri dan 20 persen wajib plasma,” kata Mahwan.

Potensi perkebunan karet dan pengolahan karet mentah menjadi produk setengah jadi sangat menjanjikan. Karena masih banyak lahan-lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif dan tingginya produktivitas karet petani.

Apabila kerja sama tersebut terwujud tentu akan meningkatkan kualitas karet dan mengurangi angka pengangguran. Karena kebutuhan tenaga kerja di perusahaan ini sangat besar.

“Saat ini, masih mencari lokasi yang tepat, strategis berdasarkan tata ruang. Jika ini terwujud maka pabrik akan mampu menampung hasil karet dari Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur,” katanya.(0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *