AJPP Ajak Pilwakot Damai, Siap Menang Siap Kalah

Featured Kota Bengkulu Politik

RBO, BENGKULU – Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018, tinggal hitungan hari lagi. Aliansi Jurnalis Pemantau Pemilu (AJPP) Provinsi Bengkulu mengajak seluruh elemen masyarakat, komponen mahasiswa serta Paslon untuk melaksanakan Pilkada secara damai. “AJPP ini terbentuk sejak tahun 2014 sebelum Pilpres lalu, sehingga menjadi wadah jurnalis untuk ikut memantau proses pemilu yang sedang berlangsung. Namun dengan mencermati kondisi yang terjadi akhir-akhir ini dan diskusi kecil yang kami lakukan, AJPP merasa terpanggil untuk ikut ambil peran dalam pilkada damai ini. Oleh karenanya, kami mengajak Paslon, elemen mahasiswa dan pemangku kepentingan di Kota Bengkulu untuk deklarasi damai siap menang dan siap kalah,” kata Ketua AJPP Provinsi Bengkulu, H.Christopher saat menyampaikan sambutan, Aula Hotel Kuala View Pantai Panjang, Jumat (22/6).

IST/RBO: Ketua AJPP saat tandatangan di papan komitmen Pilkada damai siap menang siap kalah

Dijelaskan Christopher, dalam kontestasi Pilwakot Bengkulu saat ini diikuti oleh empat Paslon yang merupakan putra putri terbaik yang ada Kota Bengkulu. “Untuk itu, siapapun yang terpilih nanti harapan kita siap menerima hasilnya, siap menerima kekalahan dan kemenangan,” jelasnya.

      Sementara itu, Penjabat Walikota Bengkulu, H. Budiman Ismaun M.Pd mengapresiasi apa yang dilakukan oleh AJPP. Dan menurut caretaker Walikota, sejak awal sebelum mencalonkan diri tentunya setiap kandidat sudah memikirkan dua hal itu. Pertama, menang dan kedua kalau kalah. “Kalau yang namanya berkompetisi pasti ada dua kemungkinan. Menang atau kalah. Pasti semua berusaha ingin menang. Tapi, juga harus siap dengan konsekuensinya kalau kalah.

IST/RBO: Panitia acara saat foto bersama usai suseknya acara

Dari empat Paslon yang menjadi kandidat saat ini, kita juga sangat berbangga karena mereka berhasil membuat suasana tetap kondusif selama Pilkada berlangsung. Mungkin di dunia ini Pilkada kita yang paling lengang. Para kandidat lebih banyak turun sosialisasi ke masyarakat lewat silaturahmi tanpa membuat kerusuhan. Mereka selalu berupaya menenangkan dan menstabilkan massa pendukungnya. Kita ucapkan terima kasih pada empat pasangan calon,” terangnya.

      Sebab itu, dalam deklarasi Pilwakot damai siap menang siap kalah ini, Budiman menekankan jangan sampai deklarasi ini hanya diucapkan dibibir saja. Tapi harus dijadikan komitmen bersama. “Kalau menang itu semuanya siap menang. Tapi kalau kalah kita harap kandidat bisa legowo. Sebab itu deklarasi ini jangan hanya diucapkan di bibir saja. Kita harapkan Pilkada ini damai. Damai nian dan siapapun yang terpilih menjadi Walikota definitif nanti semoga dapat amanah dan yang terpenting harus tetap bersinergi dengan pimpinan yang di atasnya. Walikota /Bupati bersinergi dengan Gubernur, Gubernur pun bersinergi dengan Presiden,” sampainya.

IST/RBO: Undangan dan Kandidat yang hadir dalam deklarasi pilkada damai, siap menang-siap kalah

     Ketua Panwaslih Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad mengatakan agar pasangan calon tidak menggunakan berbabagai cara untuk menang. Hindari politik uang yang akan berdampak buruk bagi semua. “Hari H pencoblosan sebentar lagi, hanya menghitung hari lagi, oleh karenya marilah kita jaga proses ini agar berjalan dengan baik, jujur, aman dan damai,” Singkat dia.

          Sementara itu, KPU Kota M. Alim mengingatkan pasangan calon untuk benar-benar memanfaatka waktu yang masih tersisa ini sesuai dengan tahapan yang ada. “Kami berharap kepada pasangan calon untuk benar-benar memanfaatkan waktu yang ada ini sesuai dengan tahapan dan jadwal yang ada,” ujar dia.

        Acara deklarasi pilkada damai “siap menang dan siap kalah” yang di inisiasi oleh AJPP tersebut nampak dihadiri oleh Paslon nomor urut satu David-Bakhsir, kemudian Calon Wakil Walikota nomor urut dua, Ir H. Ahmad Zarkasih, perwakilan dari tim Linda-Mirza, unsur Polres Kota Bengkulu, Dandim, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Bawaslu, KPU Kota Bengkulu, Panwaslih serta Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Anthony SH, MH, Ketua AJI Bengkulu, Dedek Hendri, Ketua IJTI Bengkulu, Hery Supandi, perwakilan dari SMSI dan aktivis mahasiswa dari BEM UNIB, IAIN, UMB, UNIHAZ, Dehasen dan perwakilan dari forum RT/RW sekota Bengkulu serta undangan lainnya.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *