Harga Beras di Seluma Melonjak

Featured Seluma

RBO >>  SELUMA >>  Harga beras di Kabupaten Seluma dalam sebulan terakhir mengalami lonjakan. Berdasarkan harga di pasaran, harga beras tingkat medium saat ini berkisar Rp 15 ribu per kilo gram. Naik dari sebelumnya yang hanya Rp 12-13 ribu perkilo gramnya.

      “Harga beras naik. Diperkirakan harga akan terus alami kenaikan lantaran banyaknya petani yang memilih tak menanam padi di dua musim ini. Khususnya di areal persawahan Bendung Seluma,” sampai Asnawi (43), petani padi di Kelurahan Padang Rambun, Kecamatan Seluma Selatan, Jumat (22/6).

Sementara itu, menurut Pendi (50), petani di Desa Padang Genting, Kecamatan Seluma Selatan, kenaikan beras saat ini terjadi dampak dari adanya pengerjaan siring irigasi oleh pihak Balai Sumatera VI di sepanjang irigasi Bendung Seluma.

      “Pengerjaan dari April lalu hingga November. Saat ini banyak sawah petani bongkor,” katanya.

      Kendati ada sejumlah petani yang menanam padi, namun hanya mengandalkan air tadah hujan.

      “Karena banyak usia tanam yang tak serentak dan terpetak-petak, ancaman serangan serangga juga menjadi kendala. Sehingga dipastikan, produksi padi juga terbatas,” sampainya.

      Dibagian lain, adanya stok beras di sejumlah tengkulak dan petani dewasa ini juga belum dapat dikalkulasikan secara pasti. Hal ini lantaran Pemkab Seluma melalui dinas tehnis terkait seperti Disperindagkop dan UKM maupun Dinas Pertanian dan terkait lainnya tak memiliki data akurat.(0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *