Senator Bengkulu Ajak Amalkan Pancasila

Featured Pemda Provinsi Pendidikan Politik

HM. Saleh, SE Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

RBO, BENGKULU – Senator Bengkulu anggota Komite II DPD RI. H Mohammad Saleh, SE tidak henti-hentinya mengajak pada seluruh lapisan warga masyarakat termasuk para mahasiswa Bengkulu untuk memahami dan mengamalkan Pancasila. “Sebagai warga negara yang baik, maka sejak usia dini kita mulai dikenalkan dengan Pancasila yang menjadi dasar dan lambang negara kita. Kenapa Pancasila menjadi begitu penting untuk kita pahami dan kita amalkan? Karena dalam Pancasila mulai dari sila pertama sampai sila kelima dimana ada 45 butir terkandung didalamnya banyak mengatur sendi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara kesatuan republik Indonesia,” kata M Saleh saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama 150 mahasiswa di Kampus IAIN Bengkulu tanggal 3 Juni 2018 lalu.

Diterangkan oleh M Saleh. Dalam sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa” butir pertama mengatakan Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaannya terhadap tuhan yang maha esa. Butir kedua manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap TYME sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, butir ketiga mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda terhadap tuhan yang maha esa. Jika kita mampu memahami dan mengamalkan seperti tertuang dalam butir Pancasila tentu harmonisasi kita antar sesama pemeluk agama lainnya akan terjalin dengan baik,” terangnya.

      Kemudian ada Sila Kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila ketiga persatuan Indonesia, Sila Keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. “Sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang mengajak kita untuk mengembangkan sikap adil terhadap sesama,” tegasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *