Aman, Tambang Pasir Besi PT Faming Levto di Luar Cagar Alam

Featured Pemda Provinsi Seluma

RBO >>  SELUMA >>  Kepala Seksi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Darwis Saragih menegaskan rencana keberadaan tambang pasir besi oleh PT Faming Levto yang berada di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan tidak termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam (CA).

“Hasil survei dan pengecekan yang kami lakukan, dimana tempat pembangunan bass camp oleh PT Faming Levto itu semua masih berada di luar kawasan Cagar Alam,” kata Darwis Saragih kepada radarbengkuluonline.com, Senin (2/7).

Makanya, lanjut Darwis, pihaknya setiap hari terus mengawasi dan memantau  aktivitas perusahaan tambang besi tersebut.

“Jangan sampai ada yang memasuki kawasan CA. Yang di luar kawasan CA, itu kewenangan pemerintah daerah untuk mengawasi aktivitas tambang,” sampainya.

Menurut Darwis, di kawasan perbatasan Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan dengan Pasar Ngalam, Kecamatam Air Periukan, ada sekitar 1 kilo meter kawasan yang tidak termasuk kawasan Cagar Alam.

“Jadi, dikawasan tempat aktivitas tambang pasir besi itu tidak masuk kawasan CA. Tapi kalau nantinya keberadaannya melebar dan masuk kawasan CA, maka akan berhadapan dengan BKSDA,” kata Darwis.

Sementara itu, Direktur PT Faming Levto, Lusiana Sutoyo mengungkapkan,  sejauh ini pihaknya telah mengantongi izin rencana penambangan pasir besi pasca terhenti sejak tahun 2010 lalu.

“Izin yang kita punya masih milik PT Faming Levto. Bukan dari PT Rusan Sejahtera. Selama ini, masih banyak pejabat yang rancu. Bahkan tidak paham tentang izin perusahaan. Dan masih menganggap ini sebagai investor baru dari PT Rusan,” sampainya.

Lusiana juga mengakui masih sulitnya proses dan tahapan pengurusan izin dan birokrasi. Bahkan masih banyak ditemukan oknum pejabat yang mempersulit rencana adanya pihak perusahaan yang berinvestasi di Seluma.(0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *