4 Perwakilan Bengkulu Tampil di Istana Negara

Featured Pemda Provinsi Peristiwa

Dispendik Sukses Selenggarakan Audisi GBN

RBO >>  BENGKULU >>  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dibud) Provinsi Bengkulu sukses menggelar audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2018. Empat orang siswa Bengkulu akan mewakili Provinsi Bengkulu tampil bernyanyi di Istana Negara dan Gedung MPR dalam rangkaian HUT RI tahun ini.

      Empat orang siswa bersuara bagus tersebut yakni Rahma Ramdhani dengan jenis suara Sopran dari Kabupaten Kepahiang, Indah Kurnia Hutabarat jenis suara Alto dari SMA 5 Kota Bengkulu, Muhammad Ishanul Maulid Tenor dari SMAN 1 Bengkulu Tengah dan Wendi Adean Putra jenis suara Bass dari Kabupaten Seluma.

      “Sebelum seleksi ke tingkat provinsi, para peserta audisi ini terlebih dahulu melakukan audisi di daerahnya masing. Semua yang ikut seleksi ini suaranya bagus – bagus. Namun diantara 32 peserta yang ikut ini kita ambil yang terbaik. Penilaiannya adalah berdasarkan dari materi suara, intonasi, ritnik, ekspresi, penampilan, kemampuan membaca intonasi, wilayah suara dan jenis suara,” ungkap juri dari Kementerian Pendidikan RI, Emmilina Indriastuti.

      Sedangkan Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu, H. Ismaun, M.Pd didampingi Kabid Kebudayaan Zahirman Aidi mengatakan bahwa empat orang yang terpilih ini akan mewakili Provinsi Bengkulu. Di Jakarta nanti mereka akan memperkenalkan Bengkulu dan tukar menukar budaya daerah. Disana mereka akan berbaur dari anak-anak se nusantara. Serta, dapat juga menambah wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan lain – lain.

      Kegiatan ini merupakan pembentukan tim paduan suara yang terdiri dari generasi muda berbakat perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.  Audisi Gita Bahana Nusantara dilaksanakan secara rutin pada setiap tahunnya dengan tujuan memberikan nilai positif bagi generasi muda, khususnya dalam meningkatkan semangat kebangsaan, semangat membangun Indonesia yang maju dimasa depan dan membangkitkan minat generasi muda dalam kegiatan kesenian dan kebudayaan.

      Para peserta yang lolos audisi paduan suara GBN ini akan berangkat ke Jakarta 1 Agustus mendatang dan pulang lagi ke Bengkulu pada 21 Agustus 2018. Audisi paduan suara GBN diseleksi oleh juri langsung dari Kementerian Pendidikan, Guru kesenian dan juri lain yang berkompeten.

      Disisi lain, pemenang audisi paduan suara GBN tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2017 Putri Sion menceritakan pengalamannya. “Banyak sekali pengalaman dan penambahan wawasan yang didapat ketika di karantina selama 20 hari itu. Selain itu juga banyak teman dari berbagai daerah yang  saya dapat dan terus terjalin komunikasinya hingga sekarang. (ae2/prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *