Perda Belum Ada, Pilkades Serentak Tetap Jalan

Featured Kepahiang

RBO >>  KEPAHIANG >>  Meski Perda dan Perbup Tentang Pilkades serentak belum diterbitkan, namun Pemkab Kepahiang tetap menyelenggarakan Pilkades serentak pada 17 Oktober mendatang yang akan diikuti 36 desa.

Untuk menyukseskan Pilkades serentak itu, kemarin (4/7) Bagian Pemerintahan Setda Kepahiang menggelar Bimtek pada panitia Pilkades. Selain itu, desa yang Kadesnya akan berakhir masa jabatannya pada 2019 mendatang juga dilibatkan dalam Bimtek tersebut.

“Tahapan sudah kita mulai. Setelah Bimtek ini, maka pendaftaran pemilih akan dilakukan panitia pada 6 Juli sampai 17 Juli. Setelah itu pengumuman DPS dan verifikasi sampai ada daftar pemilih. Sedangkan pendaftaran dan penetapan nomor urut kandidat akan dilakukan pada Agustus,” ungkap Kabag Pemerintahan, Iwan Zamzam Kurniawan, SH.

Sedangkan pencetakan surat suara dan kampanye akan dilakukan pada September dan Oktober. “Hari pemilihan sudah ditetapkan pada 17 Oktober. Mudah-mudahan tidak ada halangan dan berjalan lancar,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Pilkades dilaksanakan serentak. Selain untuk efisiensi dan efektivitas anggaran, gelaran Pilkades serentak itu juga untuk meminimalisir kejenuhan warga dalam mencoblos. Dia juga berharap para panitia dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Sehingga gelaran Pilkades serentak bisa berjalan lancar dan sukses. “Yang terpenting panitia independen dan maksimal dalam bekerja,” ujarnya. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *