IAIN Bengkulu Berstandar Perguruan Tinggi Internasional

Featured Pendidikan

Kerjasama dengan Universitas Islam  Terbaik India & Malaysia

IAIN BENGKULU– IAIN BENGKULU  adalah perguruan tinggi yang telah berstandar Internasional. Buktinya adalah IAIN Bengkulu mampu membuktikan, mensejajarkan diri dan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terbaik dari negara – negara lain, selain Indonesia. Dengan terjalinnya kerjasama itu, artinya standar mutu pendidikan yang telah diterapkan oleh pihak kampus IAIN Bengkulu diterima oleh perguruan tinggi luar negeri. Hal positif pesatnya kemajuan IAIN Bengkulu dalam menjalin kerjasama luar negeri adalah akan cepatnya akselerasi mutu pendidikan dan lulusan serta kesempatan mahasiswa dan dosen IAIN Bengkulu untuk kuliah di luar negeri melalui program kerjasama yang telah dibangun. Begitu juga dari perguruan tinggi dari Luar Negeri, mereka dapat mengirimkan mahasiswa dan dosennya kuliah di IAIN Bengkulu.

Langkah – Langkah IAIN Bengkulu dalam membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi berkelas internasional pun mulai dilakukan. Seolah “berlari cepat” Pembangunan peningkatan kapasitas SDM, fasilitas ruang belajar, perpustakaan terlengkap dan gedung Sainstek, serta lembaga resmi kerjasama luar negeri miliki IAIN Bengkulu senantiasa menjadi peluncur untuk memuluskan IAIN Bengkulu dikenal dimata dunia.

      Ikut “berlari” Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH pun tak pernah padam semangatnya membesarkan IAIN Bengkulu.  Dengan ilmu yang tinggi dimilikinya, Ia kerap diundang sebagai pembicara, narasumber di acara besar negara, univeritas – universitas luar negeri. Rektor pun tak pernah menyiakan kesempatan. Disitu pun IAIN Bengkulu disosialisasikan dan mengundang ketertarikan WNA untuk kuliah atau melakukan penelitian di Indonesia, khususnya di IAIN Bengkulu.

       Dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu serta eksistensi perguruan tinggi pada tanggal 24 Juni 2018, IAIN Bengkulu resmi melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Markazu Saquafathis Sunniya (Markaz University), Kerala, India.

      Penandatanganan tersebut langsung dilaksanakan oleh Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH yang didampingi oleh Dedi Efrizal, M.Pd, Dosen IAIN Bengkulu dan Rektor Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University), Sheikh Abubaker Ahmed.

      Kegiatan kerjasama ini diinisiasi oleh bagian kerjasama dan International Relationship Office (IRO) IAIN Bengkulu yang sebelumnya mendapatkan undangan secara resmi dari Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University) pada tanggal 9 Maret 2018.

Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University) didirikan pada tahun 1978.

      Markaz telah menjadi nama bukan hanya sebagai Universitas Islam. Tetapi juga menjadi sebuah budaya dari komunitas muslim di India yang berkembang pesat selama tiga dekade terakhir. Istilah ‘Markaz’ sendiri secara harfiah menunjukkan, secara berangsur-angsur tumbuh menjadi pusat kemajuan sosial, budaya, serta keunggulan pendidikan bagi seluruh komunitas di India secara keseluruhan dan khususnya bagi umat Islam.

Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University) yang berpusat di Kerala, India adalah perguruan Islam terbesar yang menaungi 50 institusi atau kampus yang tersebar di 19 provinsi di seluruh India dan beberapa Negara seperti, Qatar, Dubai, United Kingdom, Jeddah, dll, seperti Islamic Financial College, Markaz Unani Medical College, Markaz Law College, dan masih banyak lagi.

      Perguruan Islam ini tidak hanya bergerak di bidang pendidikan. Namun juga bergerak dibidang bisnis dan entrepreneurship (wirausaha). Hal ini terbukti dengan berdirinya hotel-hotel,  apartement, toko-toko, peternakan, dan pertanian serta pembuatan obat herbal yang dikelola langsung di bawah manajemen markaz university.

      Dalam hal ini, IAIN Bengkulu dan Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University) berkomitmen untuk menjalin kerjasama diberbagai bidang akademik. Seperti program beasiswa, pertukaran dosen, dan mahasiswa, konferensi, seminar, dan penelitian serta menumbuhkan dan mengembangkan semangat para mahasiswa di Jamia Markazu Saquafathi  Sunniyya & nbsp; dan IAIN Bengkulu, Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan ke-strata yang lebih tinggi dengan beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah  Indonesia lewat Kementerian Agama dan siap memberikan informasi terkait beasiswa-beasiswa yang disediakan untuk program sarjana, magister dan Doktor, sehingga nantinya akan membangun Markazu Ssaquafathis Sunniya (Markaz University) dan IAIN Bengkulu menjadi lebih baik lagi dan teruntuk Provinsi Bengkulu, Indonesia&nbsp secara luas.(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *