Ahmad Kanedi, Fatrolazi, Riri Damayanti “Mencalon” DPD RI

Ahmad Kanedi, Fatrolazi, Riri Damayanti “Mencalon” DPD RI

BERBAGI
Iwan/RBO: Tiga Balon Senator Telah mendaftarkan diri dan Siap bertarung menuju senayan

Eko Sugianto: Hari Terakhir Kami Tunggu Sampai Pukul 00.00

RBO, BENGKULU – Sejak dibukanya tahap pendaftaran Bakal Calon (Balon) senator anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu tanggal 9 Juli, hingga hari kedua pendaftaran, dari 14 kandidat Balon yang menyerahkan syarat dukungan sebelumnya sudah ada lima kandidat yang mendaftarkan diri. Kelima Balon senator yang telah mendaftar adalah Abdul Kharis Makmun, Abdul Rauftika, H. Ahmad Kanedi SH, MH, Fatrolazi dan Riri Damayanti John K. Latief S.Psi.

“Hari ini yang konfirmasi sebelumnya ada empat orang kandidat yang akan mendaftar. Akan tetapi hingga sore ini baru tiga yang datang. Satu kandidat atas nama Elfi Hamidy masih belum jadi datang sore ini. Mungkin dia jadwalnya berubah. Dan saat ini sudah lima yang mendaftar ditambah dengan yang kemarin. Untuk itu, besok (Hari ini-red) kami akan menunggu sembilan kandidat Balon senator lainnya mendaftar hingga pukul 00.00 WIB tengah malam,” kata Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP, M.Si, Selasa (10/7).

Dijelaskan oleh Eko, dalam proses tahap pendaftaran ini, kandidat akan menyerahkan syarat untuk dapat diajukan menjadi calon. Selain syarat dukungan, juga syarat lainnya. Seperti LHKPN. “Selain syarat dukungan, syarat bukti LHKPN juga nanti wajib dilampirkan. Sedangkan untuk kandidat lainnya yang belum mendaftar hari ini, kemungkinan besok mereka akan datang. Sebab itu kita tunggu saja. Dan jika tidak mendaftar, artinya dianggap batal menjadi Balon,” jelasnya.

Sementara itu dari kandidat Balon senator incumbent (Petahana) yang juga anggota Komite III DPD RI saat ini Riri Damayanti John K Latief S.Psi mengatakan, berkas pendaftaran yang diserahkan dirinya ke KPU Provinsi Bengkulu telah dinyatakan memenuhi syarat dan tinggal menunggu pengumuman daftar calon tetap serta nomor urut.

“Syarat sudah lengkap dan selesai verifikasi. Kami bersyukur telah melalui tahapan ini tanpa kendala. Mengenai nomor urut, kami tidak terlalu mempersoalkan. Sebab menurut ketetapan sesuai abjad nama,” kata Anggota DPD RI termuda 2014 tersebut.

Hanya saja, Riri menekankan bahwa pentingnya penguatan pada foto dan nama pada surat suara nanti. Sehingga cukup jelas dilihat oleh pemilih.

Senada dengan yang disampaikan oleh Anggota DPD RI Petahana, H. Ahmad Kanedi, SH, MH. Dirinya juga tidak terlalu mempersoalkan nomor urut calon yang akan ditetapkan nantinya. “Kita berdoa saja nomor urut yang baik dan semoga kembali menjadi senator Bengkulu masa bakti berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu Fatrolazi yang juga mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu sebagai calon DPD RI mengakui sudah siap untuk bertarung dalam Pileg nanti. “Kita sudah siap dan tim sudah terbentuk, siap bertarung untuk menuju senayan,” singkatnya. (idn)