RSUD M Yunus Pusat Pelayanan Penyakit Jantung se Sumatera

RSUD M Yunus Pusat Pelayanan Penyakit Jantung se Sumatera

BERBAGI
ADIT/RBO Peletakan batu pertama gedung rawat inap RSMY Bengkulu kemarin berjalan lancar dan sukses

RBO >>  BENGKULU >>  RSUD M Yunus Bengkulu saat ini sudah jadi pusat pelayanan terbaik dan terlengkap untuk penyakit jantung se Sumatera. Itu artinya RSYD M Yunus Bengkulu sudah hampir sama baiknya dengan rumah sakit jantung dan pembuluh darah Harapan Kita, Jakarta.

      Penilaian RSUD M Yunus sebagai pusat pelayan terbaik, terlengkap dan tercanggih di Pulau Sumatera ini langsung diutarakan oleh dokter ahli jantung terbaik Indonesia, dr. Manoefris Kasim, Sp.JP (K), SpKN, FIHA.  dr. Manoefris Kasim adalah seorang Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dan Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir di Jakarta.

      “Ya, saya bisa katakan bahwa RSUD M. Yunus ini adalah rumah sakit terbaik saat ini di wilayah Sumatera dalam menangani penyakit jantung. Pusat jantung ada di RSMY. Disini (sudah punya Cath Lab caterisasi jantung, CT Scan, dan terbaru alat MRI. 3 alat ini sama dengan alat yang ada di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, dan Rumah Sakit di Sumatera belum ada yang punya. Dengan adanya alat ini dan SDM (Dokter spesialis jantung) yang mereka notabene adalah murid saya, tentu RSMY ini adalah RS Jantung terbaik,” katanya usai peresmian MRI di RSMY (12/7). Manoefris juga mengatakan, dengan sudah lengkapnya alat untuk atasi penyakit jantung ini, buat apalagi orang Bengkulu berobat keluar daerah.

      “Saya kira pemerintah Bengkulu sudah sangat baik dan peduli terhadap masyarakatnya dalam hal pelayanan kesehatan. Berobat penyakit jantung di RSUD M Yunus dengan berobat di RS Jantung dan Pembuluh darah RS Harapan Kita Jakarta sama saja kok. Gak ada bedanya. Standar pelayanan kita sama dengan RS Harapan Kita, SDMny juga, wong dokter spesialis jantung disini (dr. Ismir) adalah murid saya. Jadi, saya tahu skil hebat mereka. Tinggal saja pelayanan lagi yang lebih dioptimalkan. MRI sangat central sekali. Jadi, diperlukan kerjasama yang baik dokter spesialis jantung dan radiologi. Kolaborasi indah untuk kepentingan pasien. Gunakan tepat dan bermanfaat untuk pasien,” jelasnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

      MRI ini adalah superior sekali dalam penanganan penyakit jantung. Dengan adanya alat ini, masyarakat Bengkulu yang mengalami penyakit jantung dapat teratasi. Ini suatu keuntungan masyarakat Bengkulu. Kalau untuk diagnostic jantung cukup dengan alat MRI.

      Kemudian , RSMY juga memiliki alat kesehatan baru. Yakni ESWL. Alat ini adalah alat canggih untuk mengobati pasien yang memiliki penyakit batu ginjal. Alat ini bekerja menggunakan sinar menghancurkan batu ginjal tanpa melukai pasien.

      Disisi lain, RSUD M Yunus Bengkulu saat ini tengah membangun gedung rawat inap terpadu.

      Direktur RSUD M. Yunus Bengkulu, dr. H. Zulki Maulub Ritonga, Sp.An dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung itu mengatakan, “Bangunan kita terdiri dari 4 lantai, berdiri di luas tanah 5.100 M2 dan luas bangunan 7.100 M2. Dalam pembangunan gedung rawat inap ini kita tetap utamakan difasilitas kesehatan kelas 3, 2 dan 1. Serta direncanakan lantai 4 nanti adalah ruang rawat inap VIP. Insya Allah akan ada 250 tempat tidur baru di gedung baru ini nantinya. Perlantainya akan kita isi dengan 60 tempat tidur. Jadi, total tempat tidur yang telah dimiliki RSMY sekarang ini sudah lebih dari 400 tempat tidur dan ini saya rasa bisa digunakan 5 hingga 10 tahun kedepan sudah tercukupi.” (ae2)